Sukses

7 Fungsi Tersembunyi Smartphone Lawas, Apa Saja?

Berikut ini adalah beragam manfaat tersembunyi dari smartphone seri lawas yang sudah tak lagi digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan smartphone yang tiap tahunnya begitu cepat, tak jarang mempengaruhi seseorang untuk berganti perangkat dengan durasi tak terlalu lama. Menurut perkiraan, hanya butuh dua tahun bagi seseorang untuk memiliki perangkat anyar. 

Namun setelah memiliki smartphone baru, pengguna kerap bingung menentukan apa yang harus dilakukan dengan ponsel lawasnya. Ada banyak pilihan yang dapat diambil, seperti dijual atau pun dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan lain.

Pilihan terakhir memang tak biasa karena nyatanya belum semua pengguna mengetahui fungsi tersembunyi dari sebuah smartphone lawas. Lantas apa saja fungsi yang bisa dilakukan oleh smartphone seri lawas?

Tekno Liputan6.com merangkum informasi dari Business Insider, Rabu (28/12/2016), mengenai fungsi dari smartphone lawas. Penasaran, simak informasinya di bawah ini. 

1. Perangkat Untuk Olahraga

Siapa sangka, smartphone lawas bisa menjadi rekan yang sesuai untuk menunjang kegiatan olahraga kamu. Cukup format smartphone-mu dan pasang sejumlah aplikasi pendukung, seperti pemutar musik atau fitness tracking.

Dalam sekejap, ponsel pintar lawas dapat menjadi perangkat untuk membuat kegiatan olahragamu makin menyenangkan. Untuk tambahan, cukup pasangkan dengan perangkat fitness tracker atau smartwatch dengan fungsi pendukung.

2. GPS Untuk Mobil

Cara mudah mengubah smartphone usangmu menjadi penunjuk jalan di mobil adalah dengan pasang aplikasi pemetaan sebanyak-banyaknya. Sebut saja aplikasi seperti Waze, Google Maze, Here, atau aplikasi serupa.

Lalu, pasang di dashboard mobil dan perangkat itu dapat membantumu menunjukkan arah selama perjalanan. Untuk fungsi tambahan, cukup colokkan dengan kabel aux, maka perangkat itu dapat berfungsi sebagai pemutar musik di dalam mobil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jam Alarm

3. Jam Alarm 

Jam weker (joyofandroid.com)

Saat ini, hampir jarang seseorang membeli jam khusus yang difungsikan sebagai alarm. Sebagian besar memilih memanfaatkan fitur jam di smartphone untuk membantunya bangun di pagi hari.

Cara itu juga berlaku untuk smartphone yang sudah tak terpakai. Cukup letakkan di sebuah dock smartphone murah, lalu pasang aplikasi alarm yang banyak tersedia di toko aplikasi. Voila, ponsel lawas telah menjadi jam alarm multi-fungsi.

4. Media Centre

Perkembangan smartphone turut mengembangkan kebutuhan akan konten digital. Sebagian besar konten saat ini dapat diakses secara digital. Karena itu, manfaatkan perangkat usangmu menjadi sebuah pusat media (media centre).

Berbekal Chromecast, kabel HDMI atau kabel micro-USB, smartphone-mu dapat menjadi sebuah media portabel mini. Cukup pasang sejumlah aplikasi penyedia konten, semacam Netflix, Hooq, Viu, Spotify, YouTube atau Iflix, dan hubungkan ke TV. 

5. Kamera Keamanan 

Tak melulu berkaitan dengan konten di smartphone, kamera pada perangkat lama juga bisa dimanfaatkan. Kamu bisa mengubah perangkat lama tersebut menjadi sebuah kamera keamanan yang digunakan untuk memantau kondisi sekitar.

Cara melakukannya pun cukup mudah. Saat ini sudah ada sejumlah aplikasi yang memungkinkan kamera untuk mendeteksi gerakan, kemudian mengirimkan notifikasi ke pengguna. Hanya perlu diingat, beberapa di antara aplikasi itu berbayar.

3 dari 3 halaman

Wi-Fi Extender

6. Wi-Fi Extender

Wi-Fi Router TP Link. Foto: Freepik

Kesulitan mendapat sinyal Wi-Fi yang stabil dan baik ketika di rumah? Manfaatkan smarpthone lawas untuk menjadi perangkat yang mampu menguatkan sinyal Wi-Fi di seluruh penjuru rumah.

Sama seperti fungsi lain, ada aplikasi khusus yang memungkinkan smartphone memiliki fungsi tersebut. Namun perlu diingat, untuk melakukan ini diperlukan perangkat yang sudah di-rooting.

7. Konsol Gim Portabel untuk Anak

Kini, tak perlu lagi membeli konsol portabel untuk anak bermain. Manfaatkan smartphone usang, dan kamu bisa 'menyulapnya' menjadi sebuah konsol gim portabel yang aman bagi anak-anak.

Hapus seluruh aplikasi yang tak diperlukan, lalu aktifkan modus terbatas atau Kids Mode yang biasanya ada di smarpthone Android. Pasang beragam gim yang disukai anak, ponsel pintar pun siap dimainkan. 

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini