Sukses

5 Cara Maksimalkan PlayStation 4, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - PlayStation 4 (PS4) dikenal memiliki sejumlah fitur rahasia yang memungkinkan pengguna menikmati pengalaman bermain lebih kaya. Namun tak seluruh pengguna mengetahui fitur tersebut.

Kehadiran beragam fitur tersebut membuat pengguna bisa mengetik dengan lebih mudah hingga menghemat baterai stik kontroler PS4. 

Lantas, apa saja fitur rahasia yang bisa membuat pengalaman bermainmu di PS4 kian baik? Berikut ini ada lima fitur rahasia di PS4 seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (29/12/2016). 

1. Mengetik dengan gerakan

Ketika diperlukan untuk mengetik, tak jarang fungsi D-Pad di kontroler PS4 tak begitu membantu. Namun sebenarnya ada cara lebih mudah untuk mengetik dengan menggunakan kontroler PS4.

Berbekal akselerometer yang disematkan pada kontroler, kamu bisa mengetik tulisan cukup dengan menggerakan stik untuk mengarahkan keyboard. Untuk mengaktifkannya, klik tombol thumbstick sebelah kanan ketika keyboard muncul.

2. Menghemat baterai stik PS4

Sebagai informasi, lampu yang ada di kontroler sebenarnya cukup menguras baterai. Karena itu, untuk membuat daya tahan kontroler lebih lama, kamu bisa mengatur cahaya pada stik.

Untuk meredupkan lampu pada stik, kamu bisa menahan tombol Home di kontroler PS4. Setelah masuk ke menu, buka pilihan 'Adjust Sound and Devices'. Lalu, pilih kecerahan stik dengan memindahkanya ke 'Dim'.

1 dari 2 halaman

Fitur Rahasia Lainnya

3. Menyalakan PS4 dan TV Secara Bersamaan

PS4

Siapa sangka, kamu bisa menyalakan televisi dan PS4 secara bersamaan. Dengan cara ini, kamu bisa menyalakan salah satunya untuk bisa langsung bermain gim PS4. Namun perlu diingat, cara ini hanya bisa digunakan pada TV tipe terbaru.

Bagaimana caranya? Kamu cukup masuk ke menu 'Settings', lalu pilih 'System'. Setelah terbuka, kamu cukup mencentang 'Enable HDMI Device Link', dan kamu bisa bermain dengan cara yang lebih cepat.

4. Bermain Gim PS4 di Komputer

PS4 sebenarnya dapat dimainkan secara nirkabel ke komputer asalkan memiliki koneksi internet yang kuat dan stabil. Kamu bisa melakukannya dengan membuka peramban internet dan cari 'PS4 Remote Play Windows PC/Mac'.

Klik tautan di hasil pencarian, unduh file, dan ikuti instruksi pemasang. Setelah itu, buka 'Settings' di PS4. Kemudian pilih Remote Play Connection Setting dan Enable Remote Play.

Ketika PS4 menyala, hubungkan kontroler ke komputer. Setelahnya, buka software Remote Play di komputer dan kamu bisa memainkan gim PS langsung dari PC atau Mac.

5. Personalisasi Tombol

Apabila kamu tipe pemain yang senang bermain dengan cara khusus, PS4 memungkinkan hal tersebut. Alasannya, konsol itu memiliki fitur bernama Remapping Button. Jadi, kamu mengganti fungsi tombol satu dengan yang lain sesuai keinginan.

Cara melakukannya, buka 'Settings' dan pilih 'Accessibility'. Setelah terbuka, pilih 'Button Assignments' dan kamu bisa mengatur fungsi dari masing-masing tombol di kontroler sesuai kebutuhan.

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?