Sukses

Perjalanan Bukalapak 2016: Kantor Baru hingga Fitur Nego Harga

Kali ini Tekno Liputan6.com mencoba untuk merangkum perjalanan Bukalapak selama 2016. Mulai dari kantor baru, hingga fitur nego harga.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak merupakan salah satu pemain lama di bidang e-Commerce. Berdiri sejak 2010, tentunya Bukalapak telah mengalami banyak perubahan. 

Kali ini Tekno Liputan6.com mencoba untuk merangkum perjalanan Bukalapak selama 2016. Mulai dari kantor baru di kawasan Kemang, hingga fitur nego yang pertama kali diperkenalkan pada Harbolnas beberapa waktu lalu. Selengkapnya, simak rangkuman kami berikut ini. 

1. Kantor Baru

[Kiri-Kanan] CEO dan founder Bukalapak Achmad Zaky, Menkominfo Rudiantara, Dirut EMTEK Group R. Alvin Widarta Sariaatmadja, CEO KMK Online Adi Sariaatmadja, dan CEO EMTEK Group Sutanto Hartono (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Di ulang tahunnya yang keenam, Bukalapak resmi berkantor di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, tepatnya di Plaza City View. Peresmian kantor baru yang berlangsung pada 12 Januari 2016 ini bahkan dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

2. Target Dua Juta Pelapak

CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zaky (Liputan6.com/ Faisal R Syam)

Zaky, sapaan akrab sang CEO, menargetkan peningkatan jumlah pelapak di layanannya pada 2016. Saat ditemui di sela-sela peresmian kantor baru Bukalapak, ia berharap jumlah pelapak bisa mencapai empat kali lipat lebih banyak dibanding 2015, yakni sekitar 2 juta pelapak.

3. Programming Contest

CEO Bukalapak, Achmad Zaky saat acara peresmian kantor Bukalapak.com yang bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-6 di kawasan Kemang, Jakarta, Selasa (12/1). Acara ini dihadiri Menkominfo Rudiantara. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Tak banyak yang tahu bisnis digital mengandalkan kemampuan IT mumpuni. Ini menjadi salah satu faktor utama dalam menjalankan bisnis digital.

Adapun Bukalapak memiliki visi untuk menambah tenaga-tenaga di bidang IT demi mendorong bisnis e-Commerce ke depannya. Maka itu, Bukalapak menggelar kontes bertajuk "Programming Contest" untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang digelar pada awal Februari 2016. Kontes ini diikuti sekitar 50 mahasiswa.

Menyusul kesuksesan kontes pertama, Bukalapak kembali menggelar Programming Contest di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.

 

4. Pembentukan Lingkar Kemang

Bertema “From Numbers to Emotion” Membimbing brand dan marketing agency untuk menggunakan kekuatan digital secara efektif.

Bukalapak memfasilitasi forum diskusi untuk mendorong peningkatan dunia digital di Indonesia, khususnya di bidang e-Commerce.

Forum diskusi yang diberi nama Lingkar Kemang ini berawal dari obrolan makan siang di antara para pegawai Bukalapak, lalu mereka mengadakan pertemuan perdana pada Desember. Forum ini terbuka untuk umum dan akan diadakan rutin setiap bulannya di kantor Bukalapak dengan menampilkan narasumber-narasumber menarik dan berkualitas. 

Dalam acara pertama Lingkar Kemang, Bukalapak mengundang Facebook dan Mullen Lowe Group untuk berbagi informasi bersama brand dan marketing agency di Indonesia agar secara efektif mengoptimalkan dunia digital marketing, terutama untuk berkomunikasi dengan konsumen.

5. Program Pahlawan Ekonomi Kreatif bersama BEKRAF

Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak bersama Triawan Munaf, Kepala Bekraf (Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza)

Melalui kolaborasi bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Bukalapak menghadirkan program Pahlawan Ekonomi Kreatif, yang termasuk ke dalam rangkaian kampanye Pahlawan Pelapak. 

Bertempat di kantor Bukalapak, Plaza City View, Jakarta, Selasa (12/4/2016), keduanya meresmikan penandatanganan nota kesepahaman Pahlawan Ekonomi Kreatif sebagai bentuk komitmen untuk memajukan para pelaku ekonomi kreatif agar bisa bersaing secara sehat di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukalapak Forum Indonesia Muda

6. Bukalapak Forum Indonesia Muda

Kantor Pusat Bukalapak di Kemang, Jakarta Selatan (Liputan6.com/Corry Anestia)

Bekerja sama dengan Forum Indonesia Muda (FIM), Bukalapak mengadakan seminar dengan nama Bukalapak Forum Indonesia Muda. Seminar bertema "Koneksi Selaras Aksi" ini diadakan untuk meningkatkan pemimpin masa depan Indonesia, khususnya di bidang ekonomi digital.

Pembicara di seminar ini adalah Ricky Pesik (Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), Mochammad Ridwan Kamil (Walikota Bandung), Willix Halim (SVP GrowthFreelance.com), Fajrin Rasyid (Co-Founder & CFO Bukalapak), Ainun Nadjib (Inisiator kawalpemilu.org), Irzan Raditya (Founder YesBoss), Barry Likumahwa (Bassis), dan Achmad Zaky (Founder dan CEO Bukalapak).

7. Transaksi Harian selama Ramadan 2016 Tembus Rp 10 Miliar

CEO Bukalapak, Achmad Zaky memberi kata sambutan pada acara peresmian kantor Bukalapak.com yang bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-6 di kawasan Kemang, Jakarta, Selasa (12/1). Acara ini dihadiri Menkominfo Rudiantara. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Bulan Ramadan tak hanya menjadi bulan penuh berkah bagi pelanggan e-Commerce yang ingin berbelanja online karena banyak promosi menggiurkan. Rupanya, bulan Ramadan juga menjadi bulan penuh untung bagi Bukalapak. 

Di sela-sela acara Bukber Ngelapak Bareng Media di Seribu Rasa Restaurant, Kamis (24/6/2016), terungkap bahwa nilai transaksi di Bukalapak bisa melampaui angka Rp 10 miliar setiap harinya sepanjang bulan Ramadan.

8. Rekrut Penemu Celah Keamanan

Seorang peretas (hacker) direkrut oleh Bukalapak. Peretas ini berhasil menemukan celah keamanan di laman Bukalapak.

Bukalapak menghargai anak muda yang berhasil menemukan celah seperti ini di sistem Bukalapak. Setiap sistem yang dibangun pasti memiliki kelemahan. Karena itu, Bukalapak memberikan hadiah kepada mereka yang berhasil menemukan celah dan melaporkannya. Selain direkrut oleh Bukalapak setelah melalui seleksi, peretas tersebut mendapat reward sebesar Rp 15 juta.

9. Raih Penghargaan dari Presiden

CEO Bukalapak, Achmad Zaky saat menerima penghargaan (sumber: istimewa)

Kamis (21/7/2016) CEO Bukalapak Achmad Zaky menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya yang langsung diberikan oleh Presiden Joko Widodo di Jambi. 

Menurut keterangan resmi Bukalapak kepada Tekno Liputan6.com, tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya tersebut diserahkan bertepatan dengan Hari Koperasi ke-69. Tanda kehormatan ini merupakan bentuk penghargaan negara yang diberikan Presiden atas jasa dan darma bakti kepada bangsa dan negara, sehingga bisa dijadikan teladan bagi publik.

Penghargaan lainnya yang diraih selama 2016 adalah sebagai berikut:

  • Mas Medok Pendekar Jari Sakti Masuk Top 3 Iklan Terpopuler versi YouTube 2016
  • Achmad Zaky (CEO) dan Fajrin Rasyid (CFO) mendapatkan Penghargaan Endeavor Enterpreneur 2016
  • Achmad Zaky (CEO) terpilih sebagai Young Business Person Of Ther Year 2016 oleh Jawa Pos
  • Anugrah Telkomsel 2016 Untuk Achmad Zaky (CEO)
  • Bukalapak dinobatkan sebagai Best E-Commerce 2016 oleh Majalah Selular
  • Achmad Zaky (CEO) dinobatkan sebagai Excellent In Performance 2016 oleh Majalah Selular
  • Achmad Zaky (CEO) terpilih sebagai Marketeers Netizen Awards 2016 oleh Majalah Marketeers
  • Indonesia Most Creative Company 2016 oleh Majalah Swa
  • Loyalty and Engagement Awards 2016 kategori The Best Use of Consumer Insight/Data Analytics dan The Best Use of Mobile
  • Fajrin Rasyid (CFO) dinobatkan sebagai Indonesia Best CFO 2016 dari Majalah Swa
  • Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2016 dari Millward Brown
  • The Best In Marketing Campaign Predicate : Excellent dari Majalah Marketing
  • Kampanye Pahlawan Ekonomi Kreatif Sebagai The Best Creative Public Relations Program 2016 bersi Majalah Mix

 

10. Halalbihalal Akbar

Sesi halal bihalal akbar Bukalapak di kantornya, Plaza City View Kemang (Sumber: Bukalapak)

Dalam rangka mempererat hubungan dengan pihak usaha kecil menengah (UKM), masyarakat serta komunitas, Bukalapak menggelar acara halalbihalal akbar dengan mengundang 250 UKM dari Jabodetabek, Bandung, Cilegon, dan Pantura di kantor Bukalapak, Kemang, Jakarta Selatan.

Bisnis online biasanya menurun pascalebaran. Hal ini terjadi karena masyarakat rata-rata telah menghabiskan banyak biaya untuk kebutuhan keluarga setelah Idul Fitri. Maka itu, acara ini diharapkan dapat menjadi agenda konsolidasi bagaimana caranya agar bisnis dapat tetap meningkat.

Dengan adanya sharing pengalaman dari para top seller, para UKM yang baru bergabung dengan bisnis online diharapkan bisa menerima informasi untuk menghadapi tantangan bisnis serta mempertahankan stabilitas bisnis mereka. 

Halalbihalal akbar Bukalapak memang dikemas sederhana. Namun, acara tersebut tetap berlangsung meriah karena juga menghadirkan games, kuis, penampilan khusus dari komunitas, dan acara tukar-kado.

3 dari 4 halaman

Raih Satu Juta Pelapak

11. Raih Satu Juta Pelapak

Bukalapak Tembus 1 Juta Pelapak di Hari Kemerdekaan

Program Kampanye Pahlawan Pelapak yang diprakarsai Bukalapak pada 12 April 2016 akhirnya berbuah manis. Ada peningkatan jumlah pelapak di Bukalapak dari 450.000 menjadi lebih dari satu juta. Tentu saja ini merupakan pencapaian terbilang signifikan.

12. Celebrating Breastfeeding Week Bareng Bukalapak 

Celebrating Breastfeeding Week Bareng Bukalapak (1)

Bukalapak menggelar talkshow berjudul “Celebrating Breastfeeding Week Bareng Bukalapak” dalam rangka memperingati Pekan Air Susu Ibu (ASI) Sedunia yang diadakan pada tanggal 1-7 Agustus lalu.

Pekan ASI Sedunia bertujuan mengingatkan masyarakat di seluruh dunia mengenai pentingnya ASI bagi tumbuh kembang bayi. Namun ternyata capaian ASI eksklusif di Indonesia belum mencapai angka yang diharapkan. 

Padahal, ASI mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan merekomendasikan bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan.

Sebagai bentuk komitmen lanjutan, Bukalapak akan terus menyediakan kebutuhan untuk mempermudah dan aman bagi para ibu dan anak, seperti botol susu, kereta dorong, dan lainnya.

13. Salurkan Hewan Kurban ke Indonesia dan Dunia

5 Alasan Kenapa Memilih Qurban Online di Bukalapak

Bukalapak bekerja sama dengan Global Qurban milik organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyediakan jasa pembelian hewan kurban. Kerja sama ini digelar untuk kedua kalinya oleh Bukalapak dan ACT. Sebelumnya, keduanya sukses meraih atensi masyarakat yang hendak menyalurkan hewan kurban kepada pihak yang membutuhkan.

Dengan biaya transaksi yang dibebankan yakni Rp 1,75 juta untuk satu ekor kambing, Global Qurban ACT telah mengurus semuanya; mulai dari pengadaan hewan kurban, pemotongan, serta distribusi hewan kurban yang terjual di Bukalapak kepada orang yang berhak menerimanya. 

Daging kurban nantinya bakal disalurkan ke masyarakat di lokasi terpinggir, daerah rawan bencana, dan tempat pengungsian baik di Indonesia maupun di luar negeri.

14. Beri Beasiswa untuk Mahasiswa Ilmu Komputer Berprestasi

CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zaky bersama para pemenang beasiswa BukaBeasiswa. (Dok: Bukalapak)

Bukalapak untuk pertama kalinya memberikan beasiswa bagi para mahasiswa jurusan Ilmu Komputer dari berbagai universitas di Indonesia dalam program “BukaBeasiswa”. 

Dalam program beasiswa ini, Bukalapak ingin menunjukkan keseriusannya dalam memajukan teknologi di Indonesia yaitu dengan memberikan penghargaan kepada para calon Computer Scientist berbakat di Indonesia.

15. Kirim Barang via Go-Send

Go-jek (Foto:www.go-jek.com)

Sebagian besar online shopper tentunya ingin barang yang dipesannya cepat sampai rumah. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Bukalapak menggandeng Go-Jek melalui pengiriman Go-Send. Dengan kerja sama ini, pengguna Bukalapak bisa mendapat barang yang ia beli, pada hari yang sama, meski masih terbatas di kota-kota tertentu.

4 dari 4 halaman

Bantahan terhadap Riset Opera

16. Bantahan terhadap Riset Opera

Berkenaan dengan hasil studi Opera mengenai pengambilan data pribadi pada layanan e-Commerce di 10 negara termasuk Indonesia, Bukalapak menegaskan bahwa data pribadi pengguna Bukalapak dijamin aman.

Disebutkan, Bukalapak memang mengumpulkan data pengguna selama berbelanja, baik secara langsung maupun bekerja sama dengan pihak ketiga, tetapi itu hanya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Data ini hanya digunakan untuk keperluan internal dan tidak mengandung data sensitif, seperti rekening bank atau informasi kartu kredit.

17. BukaIklan

(ka-ki) Chief Operating Officer Bukalapak, Willix Halim dan Head of SMB Market Development Facebook Indonesia, Waizly Darwin saat peluncuran BukaIklan di kantor Bukalapak di Jakarta, Selasa (22/11/2016). (Liputan6.com/M Wahyu Hidayat)

Bukalapak berkolaborasi dengan Facebook menghadirkan fitur terbaru, yakni BukaIklan. Melalui fitur ini, para pelapak akan mendapatkan opsi berlangganan iklan Facebook Ads. Dengan demikian, selain di Bukalapak, mereka dapat mempromosikan produk mereka secara efektif melalui platform iklan di Facebook.

Fitur ini diharapkan bisa meningkatkan product view dan exposure produk para pelapak, sehingga penjualan mereka juga diharapkan naik.

18. Kopdar Akbar Perdana

Acara Kopdar Akbar Bukalapak. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Bukalapak mengadakan kopi darat (Kopdar) akbar perdana pada tahun ini. Kopdar ini diperuntukkan bagi komunitas pelapak di Bukalapak untuk saling bertemu dan bertukar informasi.

Acara yang diikuti ratusan pelapak ini diisi oleh CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zaky, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Founder dan Pembina UKM Center Universitas Indonesia Dr. Nining I. Susilo, dan Head of Community Management Bukalapak. Saat Kopdar ini digelar, jumlah pelapak sudah mencapai 1,2 juta.

19. Cicil Barang tanpa Kartu Kredit

kredivo2

Pengguna Bukalapak dapat membeli barang dengan cara mencicil, meski tanpa kartu kredit, berkat kerja sama Bukalapak dengan Kredivo. Berikut ini ketentuan dalam menggunakan Kredivo di Bukalapak.

  • Wajib mempunyai akun Kredivo.
  • Layanan Kredivo sementara hanya berlaku untuk pengguna yang berdomisili di area JABODETABEK, Bandung dan Surabaya.
  • Layanan yang disediakan Kredivo saat belanja di Bukalapak adalah cicilan 3, 6, 12 bulan, untuk harga barang 1,5 – 20 juta untuk barang-barang Elektronik, Gadget, Komputer dan Kamera.
  • Bayar 30 hari kemudian untuk semua barang, dengan harga maksimum 3 juta.
  • Jika refund dilakukan lebih dari 14 hari dari hari transaksi, akan dikenakan biaya refund sebesar 1.25%
  • Jika terjadi refund, dana akan langsung kembali ke limit akun Kredivo.

20. Belanja di Bukalapak Kini Bisa via BBM

Fitur BBM Shopping yang diluncurkan BBM dengan menggandeng Bukalapak

BlackBerry Messenger mengumumkan kerja sama dengan Bukalapak dengan meluncurkan layanan BBM Shopping untuk konsumen lintas platform iOS dan Android di seluruh Indonesia.

BBM Shopping memberikan kemudahan bagi pengguna BBM untuk mengakses jutaan produk Bukalapak secara langsung. Juga tak ketinggalan pengalaman belanja yang efisien, mobile friendly, dan didukung metode pembayaran aman, dapat dilakukan sekaligus di aplikasi BBM.

Melalui BBM Shopping, pelapak di Bukalapak juga dapat merangkul 64 juta pengguna BBM di Indonesia untuk menjadi calon pembeli potensial. 

21. Transaksi Tembus Rp 350 Miliar selama Harbolnas 2016 Berkat Promosi "Sakit Jiwa" dan Fitur Nego Harga

Bulalapak turut memeriahkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 dengan mengusung tema "Sakit Jiwa" karena tidak hanya memberikan diskon besar-besaran, tetapi juga menghadirkan fitur Nego Harga.

Keikutsertaan Bukalapak di Harbolnas 2016 juga disebut sekaligus sebagai bentuk apresiasi Bukalapak terhadap kesetiaan pelanggan selama ini. Berdasarkan minat tinggi masyarakat terhadap Harbolnas sebelumnya, berbagai persiapan pun dilakukan untuk memastikan kelancaran program tersebut.

Diyakini, promosi dan fitur nego harga akan memudahkan Bukalapak meraih hasil positif. Terbukti, selama tiga hari pelaksanaan Harbolnas 2016, yakni 12 hingga 14 Desember, Bukalapak mencatatkan transaksi senilai 350 miliar.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.