Sukses

Pengguna Nexus 6P Keluhkan Masalah Bootloop

Liputan6.com, Jakarta - Pembaruan sistem operasi (OS) Android ke versi 7.1 Nougat pada smartphone Nexus 6P tidak berjalan lancar. Sejumlah pengguna mengeluhkan masalah bootloop, setelah memperbarui sistem smartphone mereka ke OS tersebut.

Google pernah menyinggung soal bootlopp sekira tiga bulan lalu. Saat itu, Google mengatakan bahwa masalah tersebut berkaitan dengan hardware, sehingga hanya akan berdampak pada sejumlah kecil unit Nexus.

Namun kenyataannya, menurut laporan Softpedia, Rabu (28/12/2016), cukup banyak pengguna Nexus 6P yang mengeluhkan mengalami bootloop setelah mendapatkan pembaruan Nougat.

Bootloop sendiri adalah masalah pada software Android, yang ditandai dengan kegagalan masuk ke dalam sistem. Biasanya ketika mengalami masalah ini, perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor, secara berulang-ulang.

Sejumlah pengguna yang mengalami masalah tersebut juga menyampaikan keluhannya di situs Reddit.

"Perangkat melakukan booting ke logo Google dan tidak melewati proses itu. Animasi boot Android tidak pernah muncul. Meski telah melakukan clear cache dan factory reset, bootloop masih tetap terjadi," demikian isi keluhan pengguna.

Keluhan pertama kali muncul setelah Google merilis Android 7.0 Developer Preview 2 untuk Nexus 6P. Sejak itu, menurut catatan Softpedia, perangkat yang mengalami masalah tersebut bertambah, khususnya setelah Android 7.1 Nougat dirilis.

(Din/Isk)

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
Fitur Baru Google Maps Mudahkan Pengguna Cari Lokasi Parkir