Sukses

4 Smartphone Berkamera Terbaik Sepanjang 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kamera mumpuni kini jadi nilai jual tersendiri bagi sebuah smartphone. Hampir bisa dipastikan, produk smartphone andalan dari setiap vendor hadir dengan kualitas kamera lebih dari cukup.

Pemain seperti Samsung, Huawei, Apple, dan lain-lain pasti memiliki setidaknya satu smartphone yang kameranya diunggulkan.

Tentunya ini bakal membuat konsumen bingung untuk membeli smartphone yang mana sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Berikut ini Tekno Liputan6.com sajikan beberapa pilihan smartphone dengan kamera terbaik sepanjang 2016 dihimpun dari CNET dan beberapa sumber lainnya. Apa saja?

1. Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge
Pertama kali diperkenalkan pada gelaran Mobile World Conggress (MWC) 2016 lalu, kemampuan kamera Galaxy S7 dan S7 berhasil mencuri perhatian. Sederet fitur dan kemampuan sudah disematkan Samsung pada smartphone andalannya ini.

Mulai dari dynamic range terbaik, bukaan terlebar di smartphone, kontras dan tekstur lebih baik, termasuk kemampuan dalam kondisi low-light. Kemampuan itu belum termasuk autofocus tercepat untuk saat ini, dan kemampuan mengambil gambar di dalam air pada kedalaman tertentu.

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Gold yang diproduksi oleh Karalux (Sumber: IBTimes).

2. iPhone 7 Plus
iPhone 7 Plus memiliki fitur dual camera (kamera ganda) yang terdiri dari dua lensa, satunya merupakan lensa wide-angle 28mm dan satunya lagi merupakan lensa telephoto 56mm. Keduanya memiliki resolusi 12MP dengan yang lebih cepat 60 persen dan 30 persen lebih efisien. Untuk kamera depan, iPhone 7 Plus sudah memiliki kamera 7MP lengkap dengan Auto Image Stabilization yang sempurna.

Untuk mengoptimalkan hasil foto, Apple juga melengkapi lensa kameranya ini dengan fitur Optical Image Stabilization dan 6 jenis lensa dengan Quad-LED flash.

Dengan demikian, kamera ganda iPhone 7 Plus diklaim dapat mengambil foto profesional dengan hasil super tajam dan mampu menciptakan warna pekat berkat adanya Wide Color Gamut dan Optical Zoom. Selain itu, iPhone 7 juga dapat mengambil foto dengan efek bokeh berkat fitur machine learning.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (Sumber: IFixIt)

 

1 dari 2 halaman

Google Pixel

3. Google Pixel
Smartphone terbaru Google yang diperkenalkan 5 Oktober memiliki kemampuan fotografi yang diklaim sangat baik. Terbukti dengan kehadiran kamera 12,3MP disertai dengan 1,55 micron sensing pixel. Pixel memiliki cukup banyak fitur menarik seperti aperture f2.0 dan skor 89 dari institusi penguji kualitas sensor kamera digital, DXOMark.

Selain itu, dalam peluncurannya Google juga menghadirkan demo untuk memperlihatkan teknik stabilisasi video berdasarkan pembacaan data Gyroscope sebanyak 200 kali per detik. Google menggunakan teknologi stabilisasi video milik Qualcomm, serupa dengan yang dipakai LG V20.

Google Pixel

4. Huawei P9
Sudah jadi rahasia umum kalau Huawei bermitra dengan pembesut lensa kamera terkemuka di dunia, Leica. Leica memberi lisensi terkait kualitas kamera Huawei P9 serta ikut serta dalam pengolahan algoritma yang dipakai di kamera smartphone tersebut.

Smartphone ini memiliki kamera ganda, satu kamera monochrome dan satunya lagi adalah RGB dengan resolusi masing-masing 12MP, bukaan lensa f/0.95. Kamera ini dipadu dengan dual-tone LED flash dan laser autofocus system. Huawei merasa dengan sensor monokrom, kameranya bisa menyedot lebih banyak cahaya dibandingkan smartphone biasa.

Huawei mengklaim, sistem kamera P9 bisa menghasilkan gambar 200 persen lebih terang dengan 50 persen lebih kontras yang membuatnya setara ukuran piksel 1,76 mikron.

Huawei P9 (Liputan6.com/ Andina Librianty)

(Tin/Cas)

Artikel Selanjutnya
Unggulkan Kamera, Asus Zenfone Zoom S Bisa Apa?
Artikel Selanjutnya
5 Smartphone dengan Dua Kamera Depan untuk Penyuka Selfie