Sukses

7 Video yang Berhasil Menarik Perhatian Netizen Sepanjang 2016

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti tahun sebelumnya, 2016 juga memiliki sejumlah cerita tersendiri, terutama di dunia internet. Perkembangan smartphone yang kian pesat membuat tren berbagi atau mengunggah video pun kian sering dilakukan oleh pengguna internet Indonesia.

Sejumlah video pun menjadi viral dan wara-wiri di media sosial, seperti Twitter, Instagram, termasuk YouTube.

Mungkin beberapa di antara kamu sudah tak asing dengan video seperti aksi Daffa bocah SD yang menghentikan pemotor di trotoar atau aksi Kaesang yang beradu panco dengan ayahnya, yang tak lain adalah Presiden Joko Widodo.

Lantas, video apa saja yang sudah begitu viral di internet, terutama pengguna di Indonesia? Bagi kamu yang penasaran, berikut ini tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (31/12/2016) telah membuat daftarnya dengan menghimpun informasi dari berbagai sumber.

1. Aksi bocah SD menghentikan pengendara motor di trotoar

Video ini sempat begitu viral di internet pada awal tahun ini, tepatnya April 2016. Alasannya, seorang bocah SD terekam video melakukan aksi tak biasa. Ia menghentikan paksa seorang pengendara motor yang nekat berjalan di trotoar.

Aksi bocah yang kemudian diketahui bernama Daffa ini pun dengan cepat menjadi viral di internet. Berbagai komentar pujian pun mengalir untuk anak berumur 9 tahun tersebut. Kejadian itu sendiri terjadi di Semarang, Jawa Tengah.

2. Vlog Kaesang Pangarep beradu panco dengan Jokowi

Tren video blogger atau yang kerap disebut vlogger ternyata juga diikuti oleh putra Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Putra ketiga Presiden Jokowi itu kerap mengunggah video kehidupan sehari-harinya di akun YouTube.

Dan, salah satu video yang cukup menyita perhatian publik adalah ketika ia menantang sang bapak melakukan adu panco. Tantangan itu pun ditanggapi antusias oleh Jokowi. Dalam video berdurasi sekitar 2 menit, terlihat keakraban Presiden Jokowi dengan putranya tersebut.

1 dari 3 halaman

PPAP

3. PPAP (Pen Pineapple Apple Pen)

Gaya Piko Taro saat menyanyikan lagu Pen Pineapple Apple Pen dikonfrensi pers di Club of Japan, Tokyo (28/10). Sejak video PPAP alias Pen Pineapple Apple Pen miliknya jadi viral, Piko Taro menjadi bintang Youtube dan terkenal. (Reuters/Issei Kato)

Tak hanya dari dalam negeri, video lain yang juga viral di internet pada tahun ini berasal dari Jepang. Pada September 2016, Media sosial dihebohkan oleh kemunculan video singkat berjudul Pen Pineapple Apple Pen (PPAP).

Video yang dinyanyikan oleh komedian bernama Piko-Taro itu berhasil menarik perhatian karena kontennya yang lucu dan sederhana. Sepanjang video, Piko-Taro sebenarnya hanya bernyanyi mengenai pulpen, nanas, dan apel.

Berkat kepopulerannya, lagu tersebut pun diganjar Guiness World Records untuk lagu terpendek yang masuk di Billboard Hot 100. Bahkan, kini banyak ditemui video lain yang meng-cover video tersebut.

4. Lucunya aksi Tatan

Konten video lain yang juga tak kalah menarik di tahun ini adalah aksi Tatan, seorang bocah berumur 3 tahun. Aksinya di Instagram, membuat bocah bernama lengkap Jonathan R. Sugiarto itu dengan cepat menjadi seorang selebrgram.

Melalui video yang diunggah di akun @jrsugianto, beragam aksi Tatan sukses menghibur netizen Indonesia. Uniknya, jumlah follower Tatan di Instagram disebut sudah melebihi sejumlah akun Instagram anak dari selebritis terkenal.

5. Mannequin Challenge

Netizen tampaknya memang tak pernah kehabisan ide untuk menampilkan sesuatu yang baru. Setelah aksi Harlem Shake dan Ice Bucket Challenge, kali ini giliran Mannequin Challenge yang mencuri perhatian banyak pengguna internet.

Sesuai namanya, tantangan ini mengharuskan sekolompok orang bergaya layaknya manekin. Karena itu, orang-orang di video Mannequin Challenge mesti mematung dan tak bergerak. Tren ini sendiri terbilang menyebar cukup cepat dan masih sering diunggah hingga kini.

Aksi yang dimulai dari sebuah sekolah menengah atas di Amerika Serikat ini sukses membuat sejumlah figur publik, seperti James Corden dan Adele melakukan hal serupa.

2 dari 3 halaman

Om Telolet Om

6. Om Telolet Om

Anak-anak  saat meminta bunyi klakson telolet ke bus yang lewat di Jalan Raya Bogor, Jakarta, Sabtu (24/12). Fenomena ini mendunia setelah beberapa artis dan tokoh terkenal dunia berkomentar di media sosial. (Liputan6.com/ Faizal Fanani)

Menjelang akhir tahun 2016, media sosial di Indonesia diramaikan oleh kata-kata Om Telolet Om. Frasa ini sebenarnya kerap diteriakkan anak-anak yang meminta pengemudi bis membunyikan klakson ketika melewati mereka.

Namun di tahun ini, tren Om Telolet Om begitu cepat menyebar di internet, begitu juga video seputar kegiatan ini. Bahkan, sejumlah selebritis internasional turut membahasnya di Twitter. Tren ini juga mendorong sejumlah pengembang aplikasi dan gim mobile lokal pun meluncurkan aplikasi bertopik Om Telolet Om.

7. Aiptu Sutisna dan Dora Natalia

Sebuah video yang menunjukkan aksi kekerasan pada anggota polisi sempat membuat heboh netizen. Sebab, polisi yang diketahui bernama Aiptu Sutisna tak membalas tindakan kekerasan yang ditujukan kepadanya.

Setelah penelusuran, aksi itu dilakukan oleh seorang yang belakang diketahui pegawai Mahkamah Agung bernama Dora Natalia Singarimbun. Atas tindakan tersebut, Dora pun mendapat kecaman publik.

Meskipun sempat dilaporkan, kasus ini pun berakhir manis. Pertengahan bulan ini, Aiptu Sutisna resmi mencabut laporan yang sempat dilaykan ke Polres Metro Jakarta Timur.

(Dam/Cas)

Artikel Selanjutnya
Siarkan Pakai Sabu di Facebook Live, Pria Ini Gegerkan Medsos
Artikel Selanjutnya
Bikin Fans Heboh, Teaser Lagu Baru BTS Ditonton 9 Juta Kali