Sukses

Tips Jitu Bersihkan Data di Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Entah akan kamu jual ke toko atau wariskan ke salah satu anggota keluarga, ada baiknya untuk menghapus data-data penting yang ada di dalam smartphone.

Seperti yang sudah kamu ketahui, sekecil apa pun data yang tersimpan di dalam smartphone bisa dikembalikan dan berpotensi disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Terlebih data-data tersebut sangat penting bagi kamu. Siapa pun tidak akan rela jika data pribadi atau rahasia yang ada di dalam smartphone di recover oleh orang lain.

Karena itu, berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang perlu kamu lakukan sebelum smartphone Android atau iOS kamu berpindah tangan ke orang lain.

1. Android

Hal pertama yang perlu kamu lakukan di smartphone Android adalah mengeluarkan kartu SIM dan micro SD--jika tersedia slot microSD--dari smartphone.

Berhubung saat ini smartphone Android yang dijual di pasaran sangat beragam jenis dan versinya, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah sesuai dengan versi Android yang digunakan.

Untuk Android 4.0 ke bawah, masuk ke menu setting>privacy>factory data reset dan pilih reset. Seluruh data yang ada di dalam smartphone pun akan terhapus sepenuhnya.

Begitu juga di versi Android Lollipop, kamu bisa masuk ke menu setting>privacy>factory data reset, dan klik erase everything. Di Android 5.0 (Marshmallow) ke atas, kamu terkadang diminta untuk menghapus akun Google kamu.

Kamu bisa menemukannya di menu settings>accounts dan tap akun Google. Pilih akun email Google kamu, dan tap ikon menu dan pilih remove account. Setelah ini, kamu bisa reset dengan melalui settings>backup and reset>factory data reset, dan klik erase everything.

Terlepas versi Android apapun yang kamu gunakan, untuk memastikan kalau perangkat sudah tidak memiliki akses ke akun Google, kamu bisa buka myaccount.google.com/security di peramban dan klik pada aktivitas dan notifikasi perangkat.

Disini, akan tampak perangkat mana yang terhubung dengan akun Google kamu. Pilih yang ingin dihapus dengan meng-klik menu remove.

2. iOS

Sebelum me-reset iPhone atau iPad, akun iCloud kamu harus di signout terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menonaktifkan kunci aktivitas yang terhubung dengan akun iCloud kamu.

Setelah sudah, buka menu settings>general>reset. Lalu pilih erase all content and settings>erase iPhone/iPad.

Jangan lupa untuk mengonfirmasi kalau kamu ingin menghapus perangkat iOS, lalu masukkan kode sandi jika dibutuhkan.

(Eronika Dwi Pinara/Ysl)

Artikel Selanjutnya
5 Tips Cepat Atasi Android Lemot
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Menghapus Data Otomatis Jika Smartphone Dicuri