Sukses

3 Aplikasi Wajib untuk Amankan Diri di Internet

Liputan6.com, Jakarta - Tak berlebihan rasanya untuk mengatakan bahwa saat ini di belahan bumi mana pun termasuk di Indonesia kebanyakan ponsel memiliki koneksi internet.

Kita ketahui bersama, banyak hal positif bisa dilakukan berkat koneksi internet. Kita bisa berjejaring melalui Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya dengan orang-orang dari berbagai negara, music streaming, belajar jarak jauh melalui konsep e-Learning, dan melakukan hal-hal positif lainnya.

Namun kita juga tak bisa menutup mata bahwa di internet, ada segelintir orang yang mencoba untuk mencari keuntungan dengan melakukan tindakan menyalahi aturan semisal melakukan peretasan, penipuan, pelacakan, dan sebagainya.

Untuk berjaga-jaga mencegah hal itu, Tekno Liputan6.com merekomendasikan tiga jenis aplikasi yang wajib dipasang di ponsel yang terhubung ke internet. Apa saja ketiga aplikasi itu, simak rangkumannya berikut ini. 

1. VPN

Untuk aplikasi VPN, kami merekomendasikan Opera VPN. Aplikasi VPN dari perusahaan yang mengembangkan browser fenomenal Opera ini tersedia untuk ekosistem Android dan iOS.

Aplikasi ini dibekali sejumlah kelebihan yaitu meningkatkan privasi pengguna dalam berinternet; menghilangkan cookies pelacak iklan; memudahkan pengguna dalam mengakses lebih banyak konten di internet; memperluas jangkauan geografis aplikasi; serta menguji keamanan jaringan nirkabel (Wi-Fi).

1 dari 2 halaman

3 Aplikasi Wajib untuk Amankan Diri di Internet

2. Pemblokir iklan

Mengapa pemblokir iklan diperlukan? Sederhana saja. Ada sejumlah malware yang berkamuflase dalam bentuk iklan. Karena itu, demi kenyamanan ketika berselancar, sebaiknya kita menggunakan pemblokir iklan. 

Fitur pemblokir iklan terdapat secara built-in di sejumlah browser. Menurut amatan kami, setidaknya ada tiga browser yang menyediakan pemblokir iklan yaitu Opera, UC, dan Dolphin. 

3. Antivirus dan Anti-Malware

Hampir semua orang akrab dengan aplikasi antivirus, tetapi sedikit saja yang mengetahui anti-malware. Banyak anti-virus mencakup kemampuan untuk memindai dan mencegah malware, tetapi tidak semuanya.

Untuk amannya, lengkapi antivirus yang ada dengan anti-malware, misalnya Malwarebytes Anti-Malware. Ingatlah untuk selalu memperbarui Antivirus dan Anti-Malware di ponsel kamu.

(Why)

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya
Artikel Selanjutnya
Google Bakal Sertifikasi Perangkat Android Bebas Malware