Sukses

Inilah Penyebab Daya Baterai Ponsel Cepat Habis

Liputan6.com, Jakarta - Baterai merupakan salah satu hal terpenting untuk ponsel. Coba bayangkan, buat apa ponsel keren, tetapi baterainya boros? 

Untuk diketahui, banyak hal yang menyebabkan daya baterai ponsel cepat habis. Namun yang pasti, beberapa kemungkinan penyebab masalah tersebut adalah sebagai berikut.

Perlu ditekankan, sebelum mulai membahas penyebabnya, diasumsikan tidak ada penyebab teknis dari segi hardware dalam kasus daya baterai ponsel cepat habis. Artinya, baterai ponsel dan komponen lainnya yang berkaitan dengan daya, dianggap baik-baik saja.

1. Background apps

Terlalu banyak aplikasi berjalan di background process, utamanya yang terkoneksi ke internet seperti aplikasi perpesanan dan media sosial, adalah penyebab paling mungkin.

2. Aplikasi perpesanan

Berapa aplikasi perpesanan yang terpasang di ponsel? Dalam satu hari, seberapa sering kontak di aplikasi perpesanan itu mengirim pesan? 

Untuk hal ini, solusi terbaik adalah memasang aplikasi perpesanan sewajarnya dan seperlunya. Maksudnya, bila kontak di beberapa aplikasi perpesanan itu relatif sama, buat apa memasang beberapa aplikasi perpesanan sekaligus?

1 dari 2 halaman

Inilah Penyebab Daya Baterai Ponsel Cepat Habis

3. Aplikasi media sosial

Berapa jumlah aplikasi media sosial yang kamu gunakan? Apakah push notification di aplikasi media sosial itu aktif? Kalau media sosial itu masih bisa dijangkau dengan menggunakan browser seperti Chrome, misalnya, maka tidak ada salahnya untuk sign in atau login ke media sosial itu menggunakan Chrome.

Facebook dan Twitter adalah media sosial yang masih cukup nyaman diakses di Chrome, walau ada sedikit perbedaan dalam hal user experience. Dengan demikian, aplikasi Facebook dan Twitter bisa dihapus.

Langkah ini tidak hanya akan menghemat daya baterai, tetapi juga menekan konsumsi data. Untuk media sosial lainnya yang bisa diakses via aplikasi saja, kalau memang betul-betul diperlukan, mau tidak mau harus tetap terpasang. Namun, sebaiknya kita tetap bijak dalam menggunakan media sosial.

4. Penyebab lain

Apakah ada penyebab lainnya? Ada! Pertama, penggunaan wallpaper berwarna cerah, atau wallpaper bergerak, juga mengonsumsi lebih banyak daya baterai. Bukan cuma itu, widget di homescreen juga mengonsumsi daya baterai loh. Maka dari itu, sebaiknya gunakan wallpaper statis berwarna gelap dan mencopot widget tak penting.

5. Solusi alternatif 

Penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti Greenify juga bisa menjadi solusi alternatif. Greenify memiliki fungsi menyetel aplikasi masuk ke modus hibernasi, pada saat aplikasi itu tidak digunakan. Hal ini jelas mencegah aplikasi beraktivitas pada background process, sehingga daya baterai menjadi lebih hemat.

(Why/Ysl)