Sukses

Tips Memotret dengan Kamera Smartphone di Kondisi Gelap

Liputan6.com, Jakarta - Secara harfiah, fotografi berarti 'menggambar dengan cahaya'. Maka dari itu, bilamana kurang cahaya akan membuat hasil gambar terlihat buruk. Teknologi kamera sendiri bekerja menangkap setiap cahaya.

Jadi, apa yang harus dilakukan jika ingin memotret gambar dalam keadaan gelap, terutama dengan menggunakan kamera smartphone?

Rupanya hal tersebut bukanlah masalah, kamu tetap bisa mendapatkan foto terbaik dalam kondisi gelap lewat smartphone, tidak peduli seberapa rendah cahaya yang ada. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

Jangan Biarkan Bergoyang

Saat memotret foto lalu bergoyang, bagaimana pun keadaannya, pasti tidak akan bagus. Goyangan sedikit saja pada saat memotret dalam kondisi gelap, sangat mempengaruhi hasil gambar.

Pasalnya, kamera perlu waktu untuk menangkap gambar karena tingkat cahaya yang rendah. Untuk itu lebih baik menggunakan tripod.

Selain tripod, kamu juga bisa memanfaatkan meja dan fitur timer untuk meminimalisir getaran saat kamu menekan tombol shutter.

Gunakan Flash dengan Tepat

Flash memang sangat berguna dalam keadaan gelap, namun tidak sepenuhnya bisa menghasilkan foto yang baik. Gunakanlah flash dengan cara yang tepat.

OPPO selalu membuat gebrakan dan terobosan baru pada teknologi kamera smartphone.

Hindari penggunaan jarak jauh, karena akan membuat LED flash tidak bekerja dengan maksimal. Penggunaan LED flash terlalu dekat juga akan membuat objek kurang detail atau membuat latar belakang tak terlihat dengan jelas.

Mengutip laman Gizmodo, Selasa (3/1/2017), flash pada kamera smartphone akan sangat bermanfaat bila digunakan pada jarak sedang, di mana peneranggannya jauh lebih baik daripada dari jarak jauh atau terlalu dekat.

1 dari 3 halaman

ISO dan HDR

Atur ISO

Kamu dapat mengatur ISO pada mode manual di kamera smartphone. ISO yang digunakan sebaiknya sekitar 800-6400 (tergantung tingkat cahaya yang ada).

Namun, sama seperti flash, penggunaan ISO juga bisa menjadi hal buruk. ISO tinggi dapat membuat kualitas foto menjadi kurang baik, jadi harus tetap diukur sesuai tingkat cahaya yang ada di sekitar.

Gunakan HDR

Saat memotret tentu akan dihadapi dengan kondisi terang dan gelap. Hal itu biasanya membuat objek terlihat terlalu cerah atau pun terlalu gelap. Lewat mode HDR, kamu bisa mengatasi masalah tersebut.

Mode HDR dapat mengambil gambar dengan tingkat cahaya yang berbeda-beda, lalu kemudian dikombinasikan menjadi suatu gambar dengan cahaya yang lebih baik.

kamera Smartphone (jebiga.com)

Dengan kata lain, mode ini dapat membantu kamu menghasilkan foto lebih banyak detail dalam bayangan dan menghindari overexposing pada area yang terang.

Bila kamu ingin bereksperimen dengan HDR, pakailah tripod. Pasalnya, dalam kondisi cahaya rendah, sedikit gerakan bisa membuat hasil gambar terlihat buram atau tidak jelas.

2 dari 3 halaman

Edit

Hindari Zoom

Menggunakan digital zoom pada kamera smartphone adalah ide yang sangat buruk, apalagi saat gelap. Zoom sebenarnya tidak membuat gambar lebih rinci, justru akan membuat gambar kurang detail.

Memotret lewat kamera smartphone, ada baiknya memilih jarak yang tak terlalu jauh dengan objek. Cara itu berguna untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas.

Dahulu fotografi memang lebih identik dengan teknik pengambilan gambar menggunakan kamera profesional seperti DSLR.

Jika kamu tipe orang yang suka memotret dari jarak jauh, cobalah memakai lensa zoom tambahan yang bisa ditempel di smartphone.

Edit Foto

Menerapkan filter atau efek saat memotret memang sangat menggiurkan, namun cara ini tidak banyak mambantu. Gunakanlah filter atau efek saat mengedit gambar.

Tanpa perlu komputer, berbagai macam aplikasi edit foto sudah banyak tersedia untuk smartphone. Kamu tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan.

(Eronika Dwi Pinara/Isk)

 

Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Bikin Kamera Depan Sebagus Kamera Belakang
Artikel Selanjutnya
6 Cara Maksimalkan Kamera Aksi Anda