Sukses

Amerika Canangkan Misi Berawak ke Mars

Liputan6.com, Washington DC: Di hadapan Badan Antariksa dan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) dan pekerja industri di Kennedy Space Center, Florida, kemarin, Presiden Barack Obama meluncurkan program ruang angkasa yang ambisius. Betapa tidak, program ini mencakup misi berawak ke asteroid dan Planet Mars.

Dalam pernyataannya, Obama mengatakan ia akan membatalkan program sebelumnya di bawah pemerintahan George Walker Bush yang akan mengirim astronot kembali ke bulan. Demikian seperti dilansir NHK, Jumat (16/4).

Obama sekaligus mengungkapkan akan meningkatkan anggaran dana sebesar US$ 6 miliar selama lima tahun ke depan untuk penelitian dan pengembangan. Pekerjaan menciptakan roket yang mampu membawa pesawat ke luar angkasa rencananya akan dimulai 2015 mendatang.

Selain itu, di bawah program baru, perusahaan-perusahaan swasta akan mengambil alih tugas membawa astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Program pesawat ruang angkasa ulang alik juga akan berakhir setelah lebih dari tiga misi.

Dengan menyediakan penerbangan berawak ke bulan dan kontrak transportasi ke stasiun antariksa, pemerintah Obama bertujuanĀ  membuat penuh penggunaan anggaran terbatas untuk pembangunan ruang angkasa.(RST/ANS)

    Artikel Selanjutnya
    Titik Hitam di Tengah Gerhana Matahari 21 Agustus Ini Ternyata...
    Artikel Selanjutnya
    VIDEO: NASA Targetkan Gambar Tercanggih Atmosfer Matahari