Sukses

Amerika Canangkan Misi Berawak ke Mars

Program misi berawak ke asteroid dan Mars baru saja diluncurkan Presiden Barack Obama. Program ini sebagai pengganti program sebelumnya di bawah pemerintahan Bush.

Liputan6.com, Washington DC: Di hadapan Badan Antariksa dan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) dan pekerja industri di Kennedy Space Center, Florida, kemarin, Presiden Barack Obama meluncurkan program ruang angkasa yang ambisius. Betapa tidak, program ini mencakup misi berawak ke asteroid dan Planet Mars.

Dalam pernyataannya, Obama mengatakan ia akan membatalkan program sebelumnya di bawah pemerintahan George Walker Bush yang akan mengirim astronot kembali ke bulan. Demikian seperti dilansir NHK, Jumat (16/4).

Obama sekaligus mengungkapkan akan meningkatkan anggaran dana sebesar US$ 6 miliar selama lima tahun ke depan untuk penelitian dan pengembangan. Pekerjaan menciptakan roket yang mampu membawa pesawat ke luar angkasa rencananya akan dimulai 2015 mendatang.

Selain itu, di bawah program baru, perusahaan-perusahaan swasta akan mengambil alih tugas membawa astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Program pesawat ruang angkasa ulang alik juga akan berakhir setelah lebih dari tiga misi.

Dengan menyediakan penerbangan berawak ke bulan dan kontrak transportasi ke stasiun antariksa, pemerintah Obama bertujuan  membuat penuh penggunaan anggaran terbatas untuk pembangunan ruang angkasa.(RST/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini