Sukses

3 Fenomena Luar Angkasa Menakjubkan pada Januari 2017

Selain hujan meteor Quadrantid, ada tiga peristiwa luar angkasa lain yang bisa dilihat langsung dari Bumi pada bulan ini. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Diwartakan sebelumnya, sejumlah fenomena alam dari luar angkasa akan berlangsung di awal tahun ini, salah satunya adalah hujan meteor Quadrantid yang mana puncaknya akan terjadi pada Rabu, 4 Januari 2017.

Tak hanya itu, seperti dilaporkan laman Mirror, Rabu (4/1/2017), setidaknya ada tiga fenomena alam yang juga bisa dilihat dari Bumi pada Januari 2017, di antaranya adalah penampakan planet Venus, penampakan asteroid Vesta, dan penampakan planet Merkurius.

Untuk mengetahui waktu terjadinya dan seperti apa yang akan terjadi, berikut ulasan lengkapnya.

Penampakan Planet Venus - 12 Januari

Venus diprediksi akan mencapai rentang terdekat dengan Bumi pada 12 Januari 2017.

Artinya, penampakan planet yang identik dengan warna jingga itu akan berada dalam sudut pandang 47,1 derajat dari Matahari. Jadi, kita bisa melihat Venus sedikit lebih jelas dari Bumi.

Planet itu juga akan berada pada titik tertinggi di atas cakrawala saat malam hari. Untuk melihat Venus lebih jelas, disarankan mengambil waktu matahari terbenam di langit bagian barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asteroid Vesta dan Planet Merkurius

Asteroid Vesta - 17 Januari

Vesta adalah salah satu asteroid yang akan mendekati Bumi pada bulan ini. NASA menjelaskan, asteroid tersebut merupakan salah satu yang paling terang dari semua asteroid yang hampir mendekati Bumi.

Vesta bisa dilihat pada 17 Januari 2017. Namun, untuk melihatnya secara detail, harus menggunakan teleskop khusus. Vesta kemungkinan akan muncul pada konstelasi bintang kembar di area Gemini, Castor, dan Pollux.

Penampakan Planet Merkurius - 19 Januari

Tak hanya Venus, Merkurius juga akan berada di rentang terdekat dengan Bumi pada 19 Januari 2017.

Posisinya akan berjarak sekitar 24,1 derajat dari Matahari. Beda dengan Venus yang akan muncul di langit setelah matahari terbenam, Merkurius akan tampak dari langit Bumi sebelum matahari terbit.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.