Sukses

Penggunaan Data XL Melonjak 180 Persen selama Libur Akhir Tahun

XL berhasil mengakomodasi kenaikan traffic data selama libur panjang akhir tahun, termasuk ketika malam pergantian tahun

Liputan6.com, Jakarta - XL berhasil mengakomodasi kenaikan traffic data selama libur panjang akhir tahun, termasuk ketika malam pergantian tahun utamanya dalam pemanfaatan media sosial dalam mengabadikan dan membagi pengalaman penggunanya.

Rerata traffic layanan data XL sejak 19 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017 meningkat 180 persen, yakni mencapai 2.500 Terabyte (TB) per hari pada libur akhir tahun itu, bila dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Yessie D Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL mengatakan, pada dasarnya kenaikan traffic dialami semua jenis layanan, terutama layanan data dan SMS.

"Puncaknya di malam pergantian tahun; traffic data meningkat 15 persen dan SMS meningkat 35 persen dibandingkan hari biasa. Bagi kami, berapa pun kenaikan traffic, yang paling penting kualitas layanan mampu dijaga sehingga masyarakat mendapatkan manfaat maksimal selama liburannya," kata Yessie, kepada Tekno Liputan6.com.

Peningkatan layanan data sepanjang libur panjang akhir tahun antara lain ditunjukkan dengan peningkatan akses beberapa layanan media sosial terpopuler. Akses ke media sosial rata-rata meningkat 60 persen, sedangkan akses ke layanan video naik sekitar 21 persen. Adapun intensitas masyarakat dalam menggunakan sejumlah aplikasi pengirim pesan, seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger, dan Telegram, juga meningkat. 

Untuk mengakomodasi lonjakan traffic pada periode tertentu, layanan XL diklaim masih bisa dijaga optimal karena sejak awal 2016 kapasitas jaringan XL telah ditingkatkan tiga kali lipat. Selain itu, XL menerapkan teknologi jaringan termutakhir yang mampu secara singkat dan fleksibel menambah atau mengurangi kapasitas di suatu lokasi.

"Kenaikan trtaffic layanan terjadi terutama wilayah tujuan wisata yakni di pulau Jawa di hampir semua provinsi. Kota-kota yang terlihat mengalami kenaikan traffic antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Di luar Jawa terjadi (peningkatan) di beberapa destinasi wisata populer di Bali, juga beberapa kota besar seperti Makassar dan Medan," ujar Yessie.

XL juga mengklaim jaringannya ditopang lebih dari 81 ribu BTS, lebih dari 7 ribuan di antaranya adalah BTS 4G. Kemudian jaringan tulang punggung fiber optik milik XL mencapai lebih 40 ribu km, yang menghubungkan hampir semua pulau besar di Indonesia.

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.