Sukses

ZenFone AR, Smartphone Pertama yang Dukung Teknologi AR dan VR

Liputan6.com, Las Vegas - Asus menghentak pameran Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (5/1/2017) waktu setempat dengan flagship terbaru di keluarga ZenFone. Selain ZenFone 3 Zoom, Asus kembali menyiapkan kejutan lewat smartphone ZenFone AR.

Yup, sesuai dengan namanya, ZenFone AR disebut-sebut sebagai smartphone pertama di dunia yang dibekali dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) sekaligus.

"Saat ini adalah waktu yang tepat bagi smartphone untuk memasuki era yang lebih luas lagi, yakni lewat fitur AR dan VR. Kami senang menjadi (smartphone) yang pertama," ujar Jonney Shih, Chairman Asus saat perkenalan ZenFone 3 Zoom dan AR kepada Tekno Liputan6.com di Las Vegas, Amerika Serikat, Rabu (4/1/2017) malam.

Demi mendukung pengalaman AR dan VR yang lebih mantap, Asus berkolaborasi dengan Google untuk menggunakan teknologi Daydream, platform VR, dan Tango, platform AR milik raksasa mesin pencari tersebut.

Sebelumnya, Google sendiri sempat menjalin kemitraan dengan Lenovo untuk meluncurkan Phab 2 Pro. Sayang, produksi smartphone Tango tersebut tak terwujud.

Head of Content and Brand Marketing Asus, Erik Hermanson mengatakan kehadiran smartphone ZenFone AR akan menambah geliat industri, terutama di sektor e-Commerce dan gim. Pasalnya, pengalaman berbelanja online akan semakin kaya dengan penggunaan AR.

Kover metal membalut smartphone ZenFone AR. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Soal spesifikasi, ZenFone AR memiliki layar 5,7 inci beresolusi quad HD dengan layar AMOLED. Dapur pacunya menggunakan Qualcomm Snapdragon 821. ZenFone AR juga menjadi smartphone Android pertama yang memiliki kapasitas RAM sebesar 8GB.

Perlu diketahui, ZenFone AR menjadi smartphone kedua setelah Lenovo Phab yang mendukung teknologi Tango. Jika tidak aral melintang, ZenFone AR siap dipasarkan pada kuartal kedua tahun ini.

(Cas/Ysl)