Sukses

Pemasukan Aplikasi Tumbuh Signifikan saat Libur Natal 2016

Liputan6.com, Jakarta - Belanja pengguna di aplikasi smartphone selama libur Natal 2016 tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun. Aplikasi kategori gim memimpin dalam hal ini.

Merujuk pada laporan Sensor Tower, sebagaimana dikutip dari Mobile World Live, Jumat (6/1/2017), terungkap bahwa pemasukan in-app kotor secara global untuk periode 24 Desember sampai 26 Desember meningkat 52 persen yakni dari US$ 330 juta pada periode 2015 menjadi US$ 500 juta pada 2016.

Lebih dari 87 persen pemasukan ini (US$ 439 juta) berasal dari kategori gim. Namun, pemasukan dari kategori selain gim juga meningkat 48 persen mencapai US$ 61 juta.

Sementara itu, untuk pasar Amerika Serikat, Sensor Tower mendapati pemasukan di Google Play tumbuh 66 persen yang mencapai US$ 63 juta. Angka ini melampaui pertumbuhan 18 persen di App Store yang mencapai US$ 98 juta.

Adapun predikat lima gim terlaris diraih oleh Clash Royale (Supercell ), Monster Strike (Mixi ), Clash of Clans (Supercell), Pokemon Go (Niantic ), dan Fate/Grand Order (Sony).

Sementara lima aplikasi terlaris selain gim adalah Line, Netflix, Tinder, HBO Now, dan Pandora. Kemudian aplikasi music streaming Spotify, yang pada tahun lalu menjadi aplikasi terlaris, terjun ke posisi keenam.

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Makin Praktis, Inilah Prediksi Trend Traveling di Masa Depan
Artikel Selanjutnya
Pendapatan Sarinah di Semester I 2017 Tak Capai Target