Sukses

Gandeng Acer Cs, Microsoft HoloLens Siap Rilis

Microsoft mengumumkan kerja sama dengan Acer, Dell, HP, Glasses, dan Lenovo untuk menggarap headset yang dibekali kemampuan HoloLens.

Liputan6.com, Las Vegas - Microsoft diketahui tengah mengembangkan platform dan perangkat augmented reality bernama HoloLens. Hanya, sampai saat ini belum ada informasi pasti jadwal rilis perangkat tersebut untuk konsumen umum, mengingat baru versi pengembang yang dirilis oleh Microsoft.  

Namun, dalam sebuah pengumuman di gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2017, Microsoft sempat mengungkapkan kabar terbaru mengenai proyek ini. Ternyata, Microsoft menggandeng sejumlah perusahaan PC untuk membuat headset yang didesain berbasarkan teknologi HoloLens.

Perangkat tersebut rencananya akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Dikutip dari Business Insider, Sabtu (7/1/2017), seluruh headset itu nantinya dipastikan memiliki kemampuan seperti HoloLens. 

Namun, alih-alih dibuat langsung oleh Microsoft, perangkat tersebut akan dibesut oleh Acer, Dell, HP, Glasses, dan Lenovo. Headset ini rencananya akan mulai dibanderol dengan harga mulai US$ 299 atau sekitar Rp 3,9 juta.

Tiap headset akan memiliki perbedaan performa dan harga, tergantung pada perusahaan pembuatnya. Karena itu, beberapa perangkat kemungkinan akan memiliki harga lebih murah dan beberapa lainnya merupakan perangkat kelas high-end.

Tak seperti HoloLens, seluruh headset ini nantinya perlu disambungkan ke PC untuk dapat bekerja. Meski demikian, Microsoft menyebut PC yang dapat mendukung seluruh headset ini hanya dibanderol mulai dari US$ 500.

Belum dapat dipastikan apakah headset ini dapat menawarkan pengalaman sama seperti HoloLens yang menurut sebagian orang begitu luar bisa. Namun setidaknya perangkat ini dapat mengobati rasa penasaran sejumlah pengguna yang sudah menantikan HoloLens dari Microsoft.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini