Sukses

Terungkap, Apple Nyaris Gunakan Antarmuka iPod Jadul di iPhone

Seperti apa jadinya jika iPhone memiliki antarmuka ala iPod jadul?

Liputan6.com, Cupertino - iPod generasi lawas, seperti iPod Classic dikenal mengusung tampilan antarmuka (UI, user interface) yang simpel dan minimalis.

Namun siapa sangka, antarmuka perangkat musik portabel buatan Apple itu ternyata nyaris digunakan untuk iPhone.

Informasi ini terkuak dari sebuah video yang memperlihatkan prototype iPhone generasi pertama. Video tersebut membocorkan sistem operasi (OS) iPhone dengan nama AcornOS.

Antarmukanya persis menyerupai antarmuka khas iPod. Nah, jika iPod memiliki click wheel (tombol lingkaran) fisik, antarmuka AcornOS ini memiliki click wheel virtual. Tugasnya pun sama, yaitu membuat navigasi melingkar dan naik turun.

Sebagaimana dilansir Apple Insider, Kamis (12/1/2017), pada bagian atas muncul bar dengan tombol ala iPod, seperti Menu, Play/Pause serta Forward/Rewind. Saat memilih menu, pengguna akan ditawarkan opsi seperti akses ke musik, galeri, dial nomor telepon, SMS dan kontak.

Sayang, antarmuka ini dinilai sebagian Apple Fanboy (pengguna perangkat Apple garis keras) tidak cocok untuk iPhone. Beruntung, Apple pun tidak menggunakannya. Pada saat itu, Steve Jobs lebih tertarik dengan konsep antarmuka iOS yang pada akhirnya digunakan oleh pengguna sekarang ini.

Jika kamu penasaran seperti apa tampilan AcornOS digunakan di iPhone edisi pertama, berikut videonya:

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.