Sukses

Canggih, Kulkas LG Ini Bisa 'Berkomunikasi' dengan Manusia

Liputan6.com, Las Vegas - Produsen elektronik LG mengumumkan sebuah produk home appliance terbarunya di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Produk yang dimaksud adalah sebuah lemari pendingin alias kulkas cerdas yang di dalamnya tertanam sistem operasi webOS dan terintegrasi dengan asisten virtual milik Amazon, Alexa.

Dengan demikian, lemari es tersebut bisa melakukan apapun yang disuruh pengguna melalui perintah suara penggunanya. 

Mengutip The Verge, Senin (9/1/2017), lemari es cerdas itu memiliki panel layar sentuh seluas 29 inci yang dinamakan dengan Instaview. Selain itu, kulkas tersebut juga memiliki sebuah pintu yang bisa berubah menjadi transparan untuk menunjukkan apa saja isi di dalamnya.

Guna kulkas ini kian pintar, LG juga menyertakan kemampuan untuk mencari resep, memainkan musik, memeriksa cuaca, hingga berbelanja online. Tentu saja, semua bisa dilakukan jika lemari pendingin itu terhubung dengan internet.

Alih-alih menempelkan kertas catatan pada kulkas, pengguna bisa langsung menulis catatan berisi daftar makanan di dalam kulkas berikut keterangan tanggal kadaluarsanya, menggunakan kemampuan webOS.

Meski begitu, kulkas cerdas LG ini bukan lemari pendingin pertama yang didukung oleh sebuah sistem operasi. Sebelumnya, LG juga menghadirkan Instaview Windows 10 pada produk kulkasnya. Sementara, Samsung menyematkan OS Tizen pada sebuah kulkasnya. Keduanya sama-sama diumumkan di ajang CES 2016.

Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui ketersediaannya di pasar dan berapa harga yang ditawarkan LG untuk kulkas tersebut.

(Tin/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Spesifikasi Google Pixel 2 Kembali Bocor di Internet
Artikel Selanjutnya
Samsung Mulai Produksi Massal Chipset untuk IoT