Sukses

Apple Rayakan 10 Tahun Kelahiran iPhone Hari Ini

Liputan6.com, Cupertino - Tak terasa, smartphone besutan AppleiPhone—telah memasuki usianya yang kesepuluh tahun pada hari ini, Senin (9/1/2016). Ya, iPhone pertama kali diperkenalkan oleh sang pendiri Apple Steve Jobs di gelaran Macworld yang dihelat 9 Januari 2007 silam.

Dalam rangka merayakan kelahiran iPhone di jagat teknologi, CEO Apple Tim Cook turut memberikan sepatah kata seputar bagaimana iPhone mempengaruhi perkembangan teknologi yang kini begitu masif.

Seperti dilansir laman 9to5Mac, Cook menilai hadirnya iPhone membawa dampak yang besar bagi konsumen, pekerjaan, cara berkomunikasi dan hiburan.

Elemen-elemen ini ‘memecut’ Apple untuk terus berinovasi menciptakan perangkat iPhone mutakhir dengan pembaruan yang lebih canggih agar dapat mengakomodir kebutuhan pasar yang kian luas.

Karena itu, ia sedikit membocorkan bahwa iPhone yang dirilis tahun ini adalah iPhone yang terbaik.

“iPhone adalah bagian penting dari Apple dan juga konsumen. iPhone telah menjadi standar untuk mobile computing di dekade pertamanya, dan kita baru saja mulai. Yang terbaik akan datang, tunggu saja,” tulis Cook dalam pernyataan resminya.

Banyak sumber menyebutkan, iPhone yang dirilis tahun ini tak lain adalah iPhone 8. iPhone generasi kedelapan itu disebut-sebut akan kembali hadir dengan elemen iPhone klasik yang diidam-idamkan konsumen.

Tak hanya itu, akan ada sejumlah pembaruan fitur baik pada desain dan performa yang bakal lebih unggul dari iPhone seri sebelumnya.

Memang untuk soal spesifikasi, belum banyak yang bisa dikupas. Namun, berdasarkan rumor yang beredar, iPhone 8 akan mengusung desain edgeless display tanpa home button.

Materialnya juga akan terbuat dari keramik, layarnya mengusung OLED, dan ia kelak akan mengusung fitur pengisian daya nirkabel atau wireless charging.

Walau iPhone generasi pertama diperkenalkan pada Januari 2007, smartphone tersebut dijual di pasaran pada 29 Juni 2007.

Saat itu, iPhone diklaim sebagai smartphone layar sentuh revolusioner, dalam arti smartphone layar sentuh pertama yang mampu bertugas secara multitasking untuk komunikasi telepon dan SMS, internet dan hiburan.

(Jek/Ysl)