Sukses

Tanya Tekno: Bagaimana Cara Memantau Penggunaan Laptop oleh Anak?

Liputan6.com, Jakarta - Halo Tekno Liputan6.com! Nama saya Darrel Firmansyah. Ada yang saya ingin tanyakan soal cara memantau penggunaan laptop saya oleh anak. Saya kadang khawatir situs web apa saja yang dibuka anak saya. Pertanyaannya, bagaimana cara memblokir situs-situs tertentu di laptop saya? Terima kasih

___

Halo, Darrel! Terima kasih banyak atas pertanyaannya. Secara umum, laptop sebetulnya menyediakan setelan Parental Control. Setelan ini dapat Anda temukan di Control Panel.

Untuk mengaktifkan Parental Control, pastikan akun Anda di laptop Anda punya level Administrator. Bila akun Anda belum ada di level tersebut, Anda dapat mengubahnya di Change your account type. Setelah itu, pilih Create a password for your account

Dari situ, Anda dapat membuat akun baru khusus untuk anak Anda. Aktivitas anak Anda melalui akun tersebut, tentunya bisa Anda pantau. Misalnya, Anda bisa menetapkan berapa lama batas maksimal waktu pemakaian laptop di menu Time Limit. 

Contoh hal lain yang bisa Anda lakukan adalah memblokir atau membolehkan akses terhadap program tertentu di menu Allow and block specific program. Untuk detailnya, silakan Anda atur setelan Parental Control ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

(Why)

___

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya.