Sukses

Nokia 6, Smartphone Rp 3,2 Jutaan dengan OS Android Nougat

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lepas dari Microsoft Devices, perusahaan teknologi asal Finlandia Nokia bermitra dengan HMD Global untuk memproduksi smartphone bermerek Nokia.

Melalui kemitraan ini, HMD Global baru-baru ini memperkenalkan sebuah smartphone Android terbaru di bawah nama besar Nokia, yakni Nokia 6. Debut pertama Nokia 6 adalah di Tiongkok.

Meski dijual dengan harga yang cukup miring, US$ 246 atau setara Rp 3,2 jutaan, smartphone ini telah berbekal sistem operasi Android terbaru, Android 7.0 Nougat yang justru belum hadir di merek smartphone yang kini berjaya seperti Asus, Samsung, Xiaomi, Oppo, dan lain-lain.

Sebagaimana diketahui, saat ini belum banyak smartphone yang berbekal OS Nougat. Tercatat, ponsel Android pertama dengan Android Nougat yang diluncurkan adalah LG V20 diikuti dengan smartphone lain yang mendapat pembaruan, Google Pixel. Baru beberapa waktu ini sejumlah merek smartphone mendapatkan update OS ke Android Nougat.

Untuk memuaskan pengguna, Nokia 6 dilengkapi dengan bentang layar 5,5 inci berteknologi 2.5D display dengan resolusi full HD 1080x1920 piksel. Pada Nokia 6 juga tersemat pelindung Gorilla Glass untuk melindungi layar dari goresan dan benturan.

Sementara kinerja ponsel ini disokong dengan prosesor Snapdragon 430 dengan CPU octa-core dan pengolahan grafis Adreno 505.

Performanya juga makin kencang dengan RAM 4GB dan memori seluas 64GB yang bisa diekspansi dengan micro SD. Lebih canggih, Nokia 6 dilengkapi fitur pengisian daya cepat 3.0 yang membuat pengisian daya 4 kali lebih cepat.

Untuk urusan fotografi, Nokia 6 dipersenjatai kamera utama 16MP dengan aperture f/2.0 dan autofocus berteknologi PDAF laser. Teknologi ini diklaim mampu mengunci fokus lebih cepat dan akurat. Namun sayang, Nokia belum mengungkapkan kapsitas baterainya.

Bagi pengguna yang suka ber-selfie ria, Nokia 6 mengakomodasikannya dengan kamera depan beresolusi 8MP dengan aperture f/2.0. Selain untuk selfie, kamera depan ini juga bisa kamu gunakan untuk video chat.

Sekadar informasi, Nokia 6 bukanlah smartphone Android pertama Nokia. Sebelumnya di tahun 2014, Nokia pernah meluncurkan Nokia X dan XL yang didukung OS Android. Saat itu, smartphone tersebut melenggang atas kemitraan Nokia dengan Microsoft Devices.

(Tin/Isk)