Sukses

iPhone, Kunci Apple Ubah Dunia dalam 10 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka, sebuah ponsel yang sebelumnya hanya digunakan untuk telepon dan mengirim pesan singkat, kini telah mengubah dunia. Bahkan hidup sebagian orang di dunia kini bergantung pada sebuah smartphone.

10 tahun lalu, hanya segelintir orang yang menyadari hal tersebut, ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama di panggung Macworld Conference & Expo, San Francisco pada 2007.

"Kadang kala, produk revolusioner datang untuk mengubah segalanya," ujab Jobs yang saat itu menjabat sebagai founder dan CEO Apple, sambil mondar-mandir di atas panggung.

iPhone dari generasi ke generasi. (Sumber: 9to5Mac)

Itu jelas bukan hanya bualan belaka. Kita semua tahu bahwa 'produk ajaib' buatan Jobs tersebut telah mengubah wajah budaya, mengguncang industri, mampu menempatkan komputer dalam miliaran 'kantong', dan memungkinkan kita untuk melakukan apa saja dengan beberapa kali tap di layar.

Selain itu, layar sentuh 3,5 inci pada iPhone generasi pertama menampilkan browser untuk berselancar di dunia maya dan aplikasi bawaan untuk mengecek email dan mencari informasi di peta.

Miliaran iPhone

Yang mengejutkan, Apple telah menjual lebih dari 1 miliar iPhone sejak pertama kali diluncurkan. Juga melahirkan jutaan aplikasi dan merangsang perusahaan teknologi lain untuk membuat konsep smartphone serupa.

Banyak dari pengguna iPhone dan smartphone merek lain menggunakannya untuk berbagi video dan foto kepada teman dan keluarga di mana saja, dan bahkan memanfaatkannya untuk mencari tahu ke mana mereka akan pergi.

Dan kebiasaan yang kerap dilakukan saat ini adalah menggunakan ponsel untuk mendengarkan lagu atau menonton video secara streaming dan memantau kesehatan secara real-time.

Ponsel bahkan berevolusi dengan sangat cerdas, yang mana perangkat tersebut bahkan bisa berbicara kepada kita melalui fitur asisten digital seperti Siri pada iPhone dan baru-baru ini fitur bernama Assistant pada Google Pixel.

"iPhone adalah bagian penting dari kehidupan pelanggan kami, dan hari ini lebih dari sebelumnya mendefinisikan ulang bagaimana cara kita berkomunikasi, menghibur, bekerja, dan hidup," ujar CEO Apple Tim Cook saat ini sebagaimana dikutip dari laman Associated Press, Selasa (10/1/2016).

1 dari 3 halaman

Penjualan PC Merosot

Teknologi layar sentuh pada iPhone bahkan menenggelamkan nama BlackBerry. iPhone dan iPad juga menjadi salah satu pemicu penjualan komputer pribadi (PC) kian menurun.

Menurut perusahaan riset Gartner Inc, 219 juta komputer desktop dan laptop dikapalkan ke seluruh dunia pada 2016, turun dari 264 juta pada 2007. Sementara itu, hampir 1,9 miliar ponsel yang dikapalkan tahun lalu, naik dari 1,15 miliar pada 2007.

iPhone

Gartner memperkirakan, ada sekitar 5 miliar ponsel yang sedang digunakan di seluruh dunia, sementara PC hanya 1,3 miliar.

Popularitas ponsel pun kemudian mengikis PC serta membuat raksasa teknologi, seperti Microsoft, Intel, Hewlett-Packard, dan Dell tak bisa mengimbangi bisnis mobile Apple.

2 dari 3 halaman

Berkat iPhone, Nama Steve Jobs Abadi

Keberhasilan iPhone membuat Steve Jobs menjadi sosok yang sangat dihormati. Saat ia mengembuskan napas terakhirnya pada Oktober 2011, seluruh dunia berkabung.

Bukan itu saja, perangkat ini juga telah membentuk Apple sebagai perusahaan paling menguntungkan di dunia dengan pendapatan US$ 45,7 miliar dari penjualan US$ 216 miliar pada tahun fiskal 2016 yang berakhir 30 September.

Steve Jobs (macrumors.com)

Sebelum merilis iPhone, Apple membukukan laba tahunan sebesar US$ 2 milIar dengan penjualan US$ 19,3 miliar.

Akhir-akhir ini, meskipun iPhone sedikit kehilangan pamor, banyak orang yang tetap menyimpan iPhone 'jadul' sebelum mereka upgrade ke seri terbaru atau beralih ke smartphone Android.

Untuk diketahui, iPhone telah memasuki usianya yang ke-10 tahun pada Senin (9/1/2016). Dalam rangka merayakan kelahiran iPhone di jagat teknologi, CEO Apple Tim Cook turut memberikan sepatah kata seputar bagaimana iPhone mempengaruhi perkembangan teknologi yang kini begitu masif.

Seperti dikutip dari 9to5Mac, Cook menilai hadirnya iPhone membawa dampak yang besar bagi konsumen, pekerjaan, cara berkomunikasi, dan hiburan.

Elemen-elemen ini ‘memecut’ Apple untuk terus berinovasi menciptakan perangkat iPhone mutakhir dengan pembaruan yang lebih canggih agar dapat mengakomodir kebutuhan pasar yang kian luas.

(Isk/Why)

Artikel Selanjutnya
Analis: iPhone Terbaru Akan Dongkrak Penjualan Smartphone Apple
Artikel Selanjutnya
Prediksi Analis Soal iPhone Lipat