Sukses

Ajaib, Gadget Ini Bisa 'Sulap' Layar Laptop Jadi Layar Sentuh

Gadget bernama AirBar tersebut sudah dijual secara online di Amerika Serikat dengan harga US$ 69.

Liputan6.com, California - Sebuah gadget yang baru saja diluncurkan pada tahun ini cukup mencuri perhatian. Gadget ini bisa "menyulap" layar laptop biasa menjadi layar sentuh. Gadget ini pun bisa digunakan untuk PC.

Gadget bernama AirBar tersebut diperkenalkan di CES (Consumer Electronic Show) 2017 beberapa waktu lalu. Seperti dilansir dari The Next Web, Jumat (12/1/2017), AirBar memiliki desain berbentuk strip kecil yang bisa dihubungkan via port USB.

Setelah AirBar terhubung dengan PC atau laptop, seketika layar bisa digunakan sebagai layar sentuh. Lantas, apa yang membuat gadget ini bisa "menyulap" layar menjadi sentuh?

Dijelaskan Senior Vice President AirBar, Remo Behdasht, ketika AirBar diletakkan di bawah layar, ia akan menciptakan partikel magnet dan menghantarkan tekanan di area layar tersebut. Dengan begitu, layar akan merespons tekanan, termasuk sentuhan jari pengguna.

Meski begitu, responsivitas sentuhan yang diciptakan AirBar diklaim masih memiliki banyak kekurangan. AirBar berjanji akan merilis update yang akan memperbaiki tingkat respons terhadap sentuhan lebih baik lagi untuk ke depannya.

Mereka pun akan menambahkan beberapa fitur kontrol gestur yang lebih kompleks. Fitur ini kelak dapat membantu ilustrator menggambar di layar sentuh.

Saat ini AirBar sudah dijual secara online di Amerika Serikat. Gadget tersebut dijual dalam dua versi yakni Windows dan Mac. Keduanya dijual di situs Neonode dengan harga US$ 69 atau setara dengan Rp 900 ribuan.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini