Sukses

4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Nintendo Switch

Liputan6.com, Jakarta - Tabir misteri tentang konsol terbaru Nintendo bernama Switch akan terungkap. Semenjak Nintendo memperlihatkan trailer resmi Switch, berbagai rumor dan prediksi tentang konsol hybrid ini pun mulai bermunculan.

Pada 12 Januari 2017 waktu setempat, gamer di seluruh dunia akan mendapatkan informasi resmi tentang tanggal peluncuran, harga konsol dan gim serta spesifikasi lengkap yang berhubungan dengan Switch.

Jelang tanggal yang sudah dinanti, Tekno Liputan6.com merangkum informasi resmi yang sudah Nintendo 'bocorkan' dan beberapa informasi terpercaya yang beredar di internet terkait Switch.

1. Tanggal Peluncuran

Saat Nintendo Switch diumumkan untuk pertama kalinnya, Nintendo secara jelas menyebut bahwa konsol hybrid-nya ini akan meluncur di pasaran pada Maret 2017.

Sayangnya, gamer baru akan mendapatkan kepastian tanggal peluncurannya pada 12 Januari waktu setempat (13 Januari 2017, pukul 11.00 WIB). Namun, beberapa kabar yang beredar di internet mengatakan, Nintendo Switch akan meluncur pada 17 Maret 2017.

2. Harga

Kabar terkini tentang harga konsol Nintendo Switch datang dari laporan beberapa analis di Nikkei yang menyebutkan, Switch akan 'mengekor' harga Wii dan Wii U dengan kisaran Rp 2,8 juta.

1 dari 2 halaman

Judul Gim dan Spesifikasi

3. Judul Gim

Salah satu alasan kenapa Nintendo gagal dengan konsol terakhirnya--Wii U--adalah dukungan pengembang gim dan judul-judul gim yang minim.

Sejak pertama kali meluncurkan trailer pertama Switch, tampak Nintendo belajar dari pengalamannya dan memperlihatkan beberapa gim yang dapat dimainkan di Switch.

Tak hanya itu, sejumlah pengembang dan studio gim pihak ketiga pun sudah mempersiapkan diri untuk membuat atau mem-porting gim-gim mereka ke Switch.

Saat ini, The Legend of Zelda: Breath of the Wild, adalah satu-satunya gim resmi yang akan meluncur pertama kali di Nintendo Switch, juga meluncur di Wii U.

Sejumlah kabar menyebutkan, akan ada porting-an Super Smash Bros, gim baru Pokemon, dan beberapa judul gim dari Ubisoft. Sayang, beberapa judul gim tersebut belum dikonfirmasi langsung oleh Nintendo.

4. Spesifikasi

Berhubung informasi resmi tentang fitur dan spesifikasi Nintendo Switch masih terbatas. Satu-satunya fitur yang Nintendo konfirmasi saat peluncuran trailer pertamanya adalah kontroler bernama Joy-Con, dan dukungan Nvidia dalam pembuatan hardware-nya.

Dalam pernyataan resminya, Nintendo menyebutkan, pemain dapat menggunakan kedua kontroler Joy-Con di kedua tangan; dua pemain dapat menggunakan masing-masing kontroler; atau beberapa Joy-Con dapat digunakan oleh beberapa pemain di dalam satu gim.

Berkonsep modular, Joy-Con dapat dilepas dan dipasang kembali dengan sangat mudah ke aksesoris Joy-Con Grip. Bila diinginkan, gamer dapat membeli Nintendo Switch Pro Controller ketimbang menggunakan kontroler Joy-Con saat bermain gim.

Menariknya, pengguna Switch dapat bermain bersama dengan mengandalkan local LAN untuk sejumlah gim kompetitif yang akan meluncur di Switch.

Kendali untuk Nintendo Switch ini mungkinkan bermain dengan teman. (Foto: Nintendo)

Selain itu, informasi detail tentang spesifikasi Switch sangat sulit didapat. Namun, rumor yang beredar menyebutkan bahwa Switch tak akan memiliki performa sekuat konsol terkini PS4 dan Xbox One, namun lebih kuat ketimbang Wii U meskipun saat Switch dilepas dari docking-nya.

Switch dikabarkan akan mendukung memori internal 32GB dan memiliki daya baterai yang pendek saat lepas dari docking. Dari beberapa paten yang sudah Nintendo daftarkan, ada kemungkinan Switch mendukung fitur amiibo.

Kemungkinan konsol baru Nintendo ini tak akan mendukung koneksi data 3G/LTE. Cukup disayangkan memang, mengingat Switch yang dapat dimainkan di luar rumah akan menarik jika dapat terkoneksi dengan jaringan internet.

(Ysl/Isk)