Sukses

Apple dan Carl Zeiss Bakal Garap Kacamata AR?

Apple disebut tengah mengembangkan perangkat baru, yakni sebuah kacamata AR dengan menggandeng Carl Zeiss.

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut tengah berencana merambah ragam perangkat baru yang dibesutnya. Kali ini, Apple dilaporkan bakal mengembangkan kacamata pintar yang memiliki kemampuan augmented reality (AR).

Dikutip dari CNET, Jumat (13/1/2017), Apple tak sendirian dalam proses pengembangan kacamata ini. Perusahaan asal Cupertino itu dikabarkan akan menjalin kerja sama dengan Carl Zeiss.

Informasi ini berawal dari unggahan seorang pakar teknologi Robert Scoble saat gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2017 berlangsung kemarin. Melalui akun Facebook, ia mengungkap kerja sama yang terjadi antara dua perusahaan tersebut. 

Kabar itu didukung oleh pengakuan karyawan Carl Zeiss yang membenarkan hal tersebut. Rencananya, Apple akan mengumumkan kehadiran produk itu pada awal tahun ini. Hanya, sampai sekarang Apple tak berkomentar mengenai isu tersebut. 

Sekadar informasi, Apple memang sempat menyebut pihaknya lebih tertarik pada augmented reality ketimbang virtual reality. Hal itu diungkapkan oleh CEO Apple Tim Cook dalam sebuah wawancara beberapa bulan lalu.  

Saat itu, ia menyebut virtual reality dan augmented reality merupakan teknologi sangat menarik. Namun dalam pandangannya, augmented reality menawarkan pengalaman lebih besar daripada virtual reality. 

Ia juga sempat menyinggung hal ini saat pertemuan dengan sejumlah investor. Bahkan, ia menuturkan Apple akan berinvetasi pada augmented reality dalam jangka panjang. 

Di samping itu, berdasarkan sejumlah dokumen paten yang diajukan Apple untuk US Patent and Trademark Office, beberapa di antaranya memang perangkat yang sangat dekat dengan augmented reality. Salah satunya dipublikasikan pada 2014 mengenai perangkat bernama 'Transparent electronic device'.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini