Sukses

Bukan Kaca, iPhone 8 Bakal Usung Material Stainless Steel?

Jika memang benar, iPhone 8 jadi iPhone pertama yang menggunakan material stainless steel.

Liputan6.com, Cupertino - Rumor iPhone 8 yang dikabarkan akan menggunakan material kaca memang sudah berhembus beberapa bulan terakhir.

Bahkan, iPhone generasi kedelapan ini akan dihias oleh bingkai bermaterial metal di pinggiran bodinya. Namun, kembali beredar sebuah kabar yang menyebutkan bahwa smartphone buatan Apple itu akan mengusung material yang bukan berasal dari kaca.

Seperti dilansir GSM Arena, Minggu (15/1/2017), iPhone 8 justru akan dibalut material berbahan stainless steel. Jika terbukti benar, iPhone 8 adalah iPhone pertama yang memiliki perubahan material besar-besaran, sebab stainless steel belum pernah digunakan sebagai material utama iPhone.

Adapun kedua supplier material stainless steel yang bekerja untuk iPhone 8 adalah Foxonn dan Jabil. Diungkap, biaya penempaan material stainless steel diklaim lebih murah 50 persen ketimbang biaya pemrosesan material aluminium unibody yang digunakan untuk seri iPhone sebelumnya. Belum lagi, kontrol kualitas penempaan material tersebut juga lebih stabil.

Selain dikabarkan akan mengusung material stainless steel, iPhone 8 juga akan dibekali oleh layar OLED. Hal tersebut telah dikonfirmasi pihak Apple bahwa perusahaan rencananya akan mengadopsi layar OLED pada iPhone 2017.

Sementara itu, Apple Insider melaporkan Apple bakal melakukan investasi cukup besar untuk memasok layar OLED.

Sebuah firma investasi J.P Morgan mengungkapkan, pasokan layar OLED Apple akan dibeli dari Samsung. J.P Morgan mencatat, pembelian tersebut dilakukan dalam durasi satu tahun dengan nilai sekitar US$ 4 miliar atau Rp 52,6 triliun.

Bukan hanya Samsung, pemasok layar OLED lain yang dianggap potensial adalah Sharp. Awal tahun ini, CEO Sharp bahkan menyebutkan bahwa Apple berpindah dari teknologi LTPS ke OLED. Bahkan, perusahaan pemasok layar Japan Display pun mencari pinjaman untuk mengubah produksi ke panel OLED.

Apple sendiri baru menggunakan layar OLED untuk produk Apple Watch dan touch bar pada MacBook Pro terbarunya.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini