Sukses

192 Ribu Orang Berdonasi Rp 61 Miliar via Kitabisa selama 2016

Selama tahun 2016, ada sekitar 192 ribu orang baik yang berdonasi senilai Rp 61 Miliar via Kitabisa.com.

Liputan6.com, Jakarta - Startup lokal yang bergerak sebagai platform untuk urun dana daring (online crowdfunding), Kitabisa.com, menyampaikan laporan tahunannya. Terungkap, urun dana via Kitabisa selama 2016 menembus angka Rp 61 Miliar.

Angka tersebut, yang berasal dari kurang lebih 192 ribu orang, memperlihatkan peningkatan tren donasi online signifikan, bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

kitabisa.com infografis 2016

Mereka memanfaatkan Kitabisa.com untuk banyak hal: melakukan penggalangan dana dan donasi, menyelesaikan masalah untuk berbagai isu nasional, bencana kemanusiaan, bantuan medis, dan berbagai gerakan kreatif di dunia sosial.

“Kami menjadi saksi bahwa Indonesia tidak kekurangan orang baik. Ketika ada wadah dan momen yang tepat, mereka berkolaborasi menciptakan berbagai perubahan” ujar Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com.

kitabisa.com infografis 2016

Adapun kampanye urun dana dengan nilai terbesar adalah Masjid Chiba di Jepang, yang mencapai Rp 3,2 miliar. Beberapa kampanye populer lainnya adalah Banjir Garut dengan nilai Rp 883 juta, Rio Haryanto dengan nilai RP 273 juta, dan Shelter Garda Satwa Indonesia dengan nilai Rp 285 juta.

Sementara tokoh publik yang menjadi campaigner di Kitabisa.com antara lain Ridwan Kamil, Dian Sastro, dan Rhenald Kasali.

“Siapa saja bisa galang dana di Kitabisa, mulai dari membantu biaya medis teman yang sakit, patungan untuk memberikan beasiswa, hingga membangun rumah ibadah. Tinggal buka website kami dan klik tombol galang dana” tutup Alfatih.

kitabisa.com infografis 2016

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini