Sukses

Unik, Ini Hadiah Bos Facebook untuk Anjingnya yang Berulang Tahun

Zuckerberg memanfaatkan fasilitas dari Oculus untuk membuat miniatur Beast yang dicetak dengan printer 3D

Liputan6.com, California - Bagi sebagian orang, membelikan hadiah untuk hewan peliharaannya yang berulang tahun mungkin hal lumrah. Namun, akan menjadi berbeda jika CEO Facebook yang melakukan hal tersebut.

Pada ulang tahun keenam anjing peliharannya, Beast, Mark Zuckerberg memberikan hadiah khusus untuk anjing jenis Hungarian Sheepdog tersebut. Dikutip dari Daily Mail, Selasa (17/1/2017), Zuckerberg memberikan hadiah berupa miniatur Beast yang dibuat memanfaatkan piranti keras Oculus.

Jadi, replikasi Beast tersebut didesain langsung melalui virtual reality dengan memanfaatkan platform Oculus Medium. Sementara, untuk pencetakannya dilakukan melalui laboratorium milik Facebook. 

Melalui akun Facebook-nya, Zuckerberg juga sempat mengunggah video pembuatan tersebut. Ia menuliskan, proses pembuatan miniatur itu sudah dilakukan beberapa minggu lalu oleh artis di Oculus dan dicetak dari printer 3D.

"Beast awalnya cukup bingung, tapi saya suka bahwa kita memiliki teknologi dan budaya yang memungkingkan seseorang melakukan hal semacam ini untuk kesenangan," ujarnya.

Untuk informasi, software yang digunakan oleh artis untuk mendesain miniatur Beast bernama Oculus Medium. Software tersebut memungkinkan penggunanya menciptakan objek nyata dengan kontroler Touch.

Sementara proses pencetakannya sendiri dilakukan di fasilitas Facebook bernama Area 404. Fasilitas ini juga menjadi tempat raksasa media sosial tersebut mengembangkan piranti keras besutannya, seperti drone, internet berbasis laser, termasuk server generasi selanjutnya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini