Sukses

Instagram Bakal Selipkan Iklan di Stories

Liputan6.com, Jakarta Instagram dilaporkan telah bergerak cepat untuk mulai mendapatkan keuntungan dari layanan terbarunya, Stories. Media sosial berbagi gambar dan video itu baru saja mengumumkan kehadiran iklan pada fitur yang mirip dengan Snapchat tersebut.

Dikutip dari Business Insider, Kamis (12/1/2017), sudah ada sekitar 30 pengiklan global yang ikut serta dalam uji coba yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Beberapa di antaranya adalah Airbnb, Nike, Netflix, dan ASOS.

Nantinya, video iklan akan ditandai dengan tulisan 'sponsored', mirip dengan iklan gambar yang ada di-feed Instagram. Durasi dari video tersebut juga dipastikan hanya 15 detik.

Kehadiran fitur iklan ini disebut tak lepas dari pengguna Stories yang sudah berkembang pesat sejak fitur tersebut diluncurkan tahun lalu. Instagram menyebut saat ini ada 150 juta pengguna yang berinteraksi dengan Stories tiap harinya.

Di samping itu, 70 persen pengguna Instagram disebut mengikuti akun bisnis, dan satu dari tiga video di Stories yang ditonton paling banyak berasal dari akun bisnis. Karena itu, wajar apabila iklan khusus kini hadir di Instagram Stories.

Untuk pertama, Instagram akan menawarkan iklan ini pada sejumlah target pengguna yang terjangkau lebih dulu, seperti pengguna yang hidup di Amerika Serikat atau berusia 25 sampai 40 tahun. Setelah itu, fitur iklan ini akan menjangkau kalangan lebih luas.

Sebelumnya induk perusahaan Instagram, Facebook, juga disebut telah berencana untuk memonetisasi video yang ada dalam layanannya. Raksasa media sosial itu dilaporkan berencana menyisipkan iklan di video yang diunggah oleh perusahaan media.

Iklan tersebut akan muncul setelah video diputar selama 20 detik. Kendati demikian, dipastikan iklan ini tak akan muncul di video yang diunggah oleh pengguna biasa.

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Mark Zuckerberg Ungkap Misi Facebook Selanjutnya, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
Vivo Bakal Ungkap Teknologi Anyar di MWC Shanghai 2017