Sukses

iOS Berjaya di Negeri Sakura, Android Unggul di Tanah Matador

Liputan6.com, Tokyo - iOS dan Android adalah sistem operasi (OS) mobile yang kini digunakan sebagian besar masyarakat. Bedanya, iOS hanya memiliki beberapa lini perangkat mulai dari iPhone, iPad hingga iPod Touch, sedangkan Android hadir dengan banyak jenis perangkat yang dibesut vendor kenamaan.

Dengan banyaknya perangkat yang dijual, tidak berlebihan jika menyebut Android kini mendominasi pasar dunia. Lalu, bagaimana dengan iOS? Ternyata, iOS masih kalah jauh dibanding Android.

Meski begitu, ada satu negara di mana adopsi iOS lebih unggul ketimbang Android, yakni Jepang. Di sana iOS dilaporkan berada di posisi puncak dengan persentase 57 persen per November 2016, sedangkan Android hanya mengantongi 42,3 persen. Meski begitu, takluknya Android cuma berlaku di Jepang sebab, hampir seluruh negara di dunia kini didominasi Android.

Informasi ini tertuang dalam sebuah laporan yang dirilis oleh lembaga riset Kantar. Dilansir dari GSM Arena, Jumat (13/1/2017), jika Jepang unggul dengan adopsi terbesar iOS, negara lain yang memiliki adopsi Android terbesar adalah Spanyol.

Diketahui, Spanyol memiliki persentase adopsi Android dengan kisaran 87,3 persen, yang menjadikannya negara dengan adopsi Android tertinggi di dunia. Sementara iOS berkisar di angka 10,8 persen saja.

Lalu, bagaimana dengan Tiongkok sebagai negara pemasok perangkat Android terbesar di dunia? Adopsi sistem operasi robot hijau di Negeri Tirai Bambu hanya mampu mencapai 79,9 persen, sedangkan iOS diadopsi 19,9 persen.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar adopsi sistem operasi di negara-negara dunia bersama dengan demografi yang ada di dalam peta:

 

(Jek/Why)