Sukses

ElliQ, Asisten Virtual Cerdas untuk Lansia

Liputan6.com,Tel Aviv - Studi yang dilakukan sejumlah psikolog menunjukkan bahwa kalangan lansia (lanjut usia) mengaku sering merasa kesepian. Karena itu, beberapa di antaranya menganjurkan kalangan lansia untuk melakukan kegiatan self refreshing seperti menonton TV, membaca, atau sekadar mendengarkan musik.

Temuan ini dimanfaatkan oleh startup asal Israel, Intution Robotics, dengan menciptakan asisten virtual yang bernama ElliQ. Asisten virtual ini sengaja dibuat untuk menemani kalangan lansia agar mereka tetap aktif dan tidak lagi kesepian.

Seperti dilansir Ubergizmo pada Jumat (13/1/2017), ElliQ yang juga dirancang oleh desainer industrial kawakan Yves Béhar ini memiliki sejumlah peran yang cukup membantu kalangan lansia dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Ia bisa memberikan rekomendasi terkait permintaan spesifik pengguna secara proaktif, seperti memberikan rekomendasi audiobooks, musik atau resep memasak.

Sama halnya dengan asisten virtual seperti Siri, Google Assistant atau Cortana, ElliQ juga mampu mencatat jadwal dan memberikan reminder sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Menariknya lagi, asisten virtual tersebut bisa diintegrasikan dengan aplikasi Facebook Messenger, sehingga pengguna bisa 'menitip' pesan ke ElliQ agar ditulis dalam chat ke kontak yang ingin dikirim.

Intuition Robotics mengungkapkan, ElliQ menggunakan sistem pembelajaran mesin yang natural, dengan begitu asisten virtual itu dapat mempelajari preferensi, kebiasaan dan karakteristik dari 'majikan'nya.

Saat ini, ElliQ masih dalam tahap pengujian lebih lanjut. Nantinya, ia akan dijual terlebih dahulu di Negeri Paman Sam mulai Februari 2017 mendatang.

(Jek/Ysl)

Artikel Selanjutnya
5 Kemampuan Google Assistant yang Tak Kamu Ketahui
Artikel Selanjutnya
Microsoft Garap Chatbot Khusus untuk Negeri Bollywood