Sukses

Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi Nintendo Switch

Liputan6.com, Tokyo - Misteri yang menyelubungi konsol Nintendo Switch terungkap lebih detail dalam peluncurannya yang digelar hari ini, Jumat (13/1/2017).

Dalam ajang yang ditayangkan secara langsung ke seluruh dunia tersebut, Nintendo mematok harga Nintendo Switch sebesar 29,980 yen atau sekitar Rp 3,5 juta (kemungkinan sampai Indonesia di kisaran harga Rp 5 juta).

Tak hanya itu, perusahaan juga mengungkap bahwa konsol tersebut sudah region unlock. Apa maksudnya? Bila region lock, kamu hanya bisa memainkan gim sesuai dengan region mesinnya. Sedangkan bila region unlock bebas memainkan gim region manapun.

Perihal spesifikasi, Nintendo Switch mengusung layar sentuh 6,2 inci kapasitif multitouch beresolusi 1280 x 720 piksel, dan dapat dimainkan dengan dua modus, handheld atau tabletop.

Saat dilepas dari docking-nya, konsol ini hadir dengan resolusi 720p dan akan naik ke 1080p saat terpasang di docking-nya. Di docking-nya, kamu akan menemukan output port untuk menampilkan gambar ke TV dan suara surround 5.1 via HDMI.

Di konsolnya sendiri, Nintendo menyediakan sebuah port USB Type-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai konsol dan kontroler Joy-Con. Bicara tentang baterai, daya baterai Switch tergantung dari jenis gim yang dimainkan.

Disebutkan, Switch akan memiliki daya baterai selama 2,5 jam hingga 6 jam. Nintendo mengklaim, baterai konsolnya ini bisa bertahan selama 1 jam saat bermain The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Seperti model Deluxe Wii U sebelumnya, Switch hanya disokong dengan memori internal 32GB. Namun, kapasitas tersebut dapat ditambah dengan menggunakan micro SDHC dan micro SDXC.

Dalam hal koneksi internet, Switch dapat terhubung dengan menggunakan WiFi atau kabel via adapter ethernet. Ingin main bareng dengan teman? Switch mendukung 8 konsol yang berbeda saat bermain lokal LAN.

Sekadar informasi, Nintendo Switch akan diluncurkan secara global pada 3 Maret 2017. Saat meluncur di pasaran, Nintendo menyediakan dua pilihan konsol yakni dengan kontroler Joy-Con berwarna abu-abu, dan satu lagi dengan Joy-Con berwarna neon red dan neon blue.

(Ysl/Isk)