Sukses

5 Smartphone dengan RAM 6GB, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun lalu, smartphone dengan RAM 6GB mungkin masih sebatas angan-angan. RAM sebesar itu biasanya ditujukan untuk perangkat dengan komputasi lebih tinggi, seperti PC atau laptop. 

Namun, tren itu ternyata berubah sejak tahun lalu. Pada 2016, sejumlah vendor smartphones nyatanya berani memperkenalkan produk andalan dengan dukungan RAM 6GB. 

Melihat tren semacam itu, bukan tidak mungkin di masa depan dukungan RAM lebih besar juga akan diadopsi smartphone. Hanya, sebelum beranjak ke tahap itu, tak ada salahnya kita terlebih dahulu menengok 5 smartphones dengan RAM 6GB yang sudah ada di pasaran berikut ini. 

Vivo Xplay 5 Elite

Vivo Xplay 5 Elite dapat dikatakan sebagai smartphone pertama dengan RAM 6GB. Smartphone yang rilis awal 2016 ini sudah didukung chipset Snapdragon 820 dari Qualcomm.

Smartphone ini memiliki bentang layar 5,43 inci dengan desain layar melengkung di kedua sisinya. Untuk urusan pengambilan gambar, smartphone ini memiliki kamera belakang 16MP dan kamera depan 8MP.

Sementara untuk baterai, smartphone ini menggunakan baterai berkapasitas 3.600 mAh dan didukung fitur fast charging. Vivo Xplay 5 Elite juga memiliki pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian belakang smartphone.

1 dari 3 halaman

Asus ZenFone 3 Deluxe

Asus ZenFone 3 Deluxe

Asus ZenFone 3 Deluxe (Foto: Phone Arena)

Smartphone Asus terbaik di seri ZenFone 3 ini memiliki RAM 6GB dan telah menggunakan chipset Snapdragon 820. Smartphone ini memiliki ruang penyimpanan UFS 2.0 dengan kapasitas 256GB dan dukungan slot microSD.

Untuk pengambilan gambar, Zenfone 3 Deluxe juga dilengkapi kamera belakang 23MP dan kamera depan 8MP. Tak hanya itu, Asus juga membenamkan pemindai sidik jari serta Google Daydream untuk Augmented Reality dan Virtual Reality.

OnePlus 3

OnePlus 3 memiliki layar Optic AMOLED 5,5 inc, dengan lapisan Gorilla Glass 4 dan RAM 6GB.

Sama seperti dua smartphones yang sudah disebutkan sebelumnya, selain disokong RAM 6GB, smartphone ini dibekali chipset Snapdragon 820. Dengan bentang layar 5,5 inci, smartphone ini memiliki memori internal 64GB tanpa slot tambahan untuk microSD.

Selain itu, terdapat kamera belakang 16MP, LED flash, dan dukungan perekaman video 4K dengan electronics image stabilization (EIS) dan optical image stabilization (OIS). Sementara di bagian depan, OnePlus 3 memiliki kamera 8MP.

Smartphone berbasis sistem operasi (OS) Android 6.0.1 Marshmallow ini sudah mendukung 4G LTE Cat.6, dual SIM, NFC, dan baterai 3.000 mAh.

2 dari 3 halaman

Xiaomi Mi5S Plus

Xiaomi Mi5S Plus

Xiaomi Mi5s

Sebenarnya, seri smartphone ini memiliki dua pilihan RAM yakni 4GB dan 6GB. Keduanya memiliki spesifikasi cukup identik.

Hanya, untuk versi 6GB, Xiaomi menyematkan dukungan memori internal 64GB. Memiliki layar 5,7 inci, smartphone ini dibekali chipset Snapdragon 821.

Perangkat ini memiliki dua kamera belakang 13MP, yang masing-masing berfungsi untuk menangkap gambar berwarna dan hitam-putih. Sementara kamera depan Mi5S Plus beresolusi 4MP. Untuk mendukung performanya tersedia baterai berkapasitas 3.800mAh.

Coolpad Cool S1

Coolpad S1, smartphone RAM 6GB hasil kolaborasi LeEco dan Coolpad (sumber: ndtv.com)

Smartphone hasil kerja sama LeEco dan Coolpad ini menjadi produk dengan RAM 6GB yang diperkenalkan pada penghujung tahun 2016. Cool S1 sudah didukung chipset Snapdragon 821 dengan tiga pilihan memori internal, yakni 32GB, 64GB, dan 128GB.

Smartphone berlayar 5,5 inci ini sudah berjalan di Android 6.0 Marshmallow dan memiliki kamera utama 16MP dengan PDAF, perekaman 4K, dan Dual-LED flash. Adapun kamera depan smartphone ini beresolusi 8MP.

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
Ini 3 Smartphone Berkamera 20MP, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Smartphone dengan Empat Kamera