Sukses

Pacu Inovasi Digital, Indosat Ooredoo Rangkul Komunitas Drone

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai bidang kini dapat menikmati kemajuan teknologi digital, tak terkecuali pemanfaatan drone yang selama tiga tahun terakhir ini kian marak di Indonesia.

Para pehobi pada umumnya memanfaatkan drone untuk berkreasi dalam menghasilkan video dan foto aerial mengesankan. Sementara para profesional menggunakan drone sebagai media antara lain untuk melakukan survei perencanaan lahan berskala besar yang meliputi pembangunan, perkebunan, dan penanganan bencana alam.

Terdorong oleh hal ini, Indosat Ooredoo meresmikan Multirotor Pilots Community sebagai bagian dari Indosat Ooredoo Sport and Art Club (ISAC) yang sebelumnya sudah ada. Komunitas ini dibentuk untuk menjadi wadah karyawan yang memiliki hobi menerbangkan drone.

“Kini karyawan Indosat Ooredoo dapat berkumpul di Multirotor Pilots Community untuk berbagi pengetahuan dan berdiskusi seputar drone," ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, dalam pernyataannya kepada Tekno Liputan6.com.

Lebih lanjut, pria lulusan Curtin University of Technology, Australia itu berharap, komunitas ini akan memacu inovasi-inovasi yang bisa dirasakan pelanggan melalui pemanfaatan drone dan berkontribusi maksimal di peta bisnis digital. "Hal ini sejalan dengan visi Indosat Ooredoo untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia," kata pria yang akrab disapa Alex tersebut.

Bagi perusahaan telekomunikasi dan digital seperti Indosat Ooredoo, pemanfaatan drone dapat difokuskan kepada pengembangan layanan digital.

"Contohnya pengiriman barang secara airborne, pembuatan virtual reality video sebagai alat pendidikan, bahkan untuk memproduksi 3D digital imaging yang dapat membantu proses inventori menara, jalur serat optik serta infrastruktur lainnya," tutur Alex menegaskan.

Karyawan Indosat Ooredoo yang tergabung di komunitas ini bukan hanya akan menggeluti perkembangan drone dan cara pengendaliannya, tetapi juga pemanfaatan software turunannya baik untuk kepentingan olahraga, dokumentasi dan lainnya. Tak tanggung-tanggung, Indosat Ooredoo Multirotor Pilot Community menggandeng Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) dan Indonesian Drone Race Federation (IDRF).

Pada peresmiannya kali ini, Indosat Ooredoo Multirotor Pilot Community menggelar booth simulator, peragaan akrobatik dari tim racer berskala regional Asia Pacifik dari IDRF, serta kawalan keselamatan dari APDI untuk menarik animo karyawan dan masyarakat pada umumnya.

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Telkomsel Mantap Bertransformasi Jadi Perusahaan Telko Digital
Artikel Selanjutnya
Emtek Jalin Aliansi dengan Alipay Milik Jack Ma