Sukses

Startup Binaan ICN Goers Fokus ke Industri Wisata Tahun Ini

Goers, startup binaan Indigo Creative Nation dengan produk aplikasi direktori event perkotaan, akan mengembangkan diri ke sektor pariwisata

Liputan6.com, Bandung - Goers, startup binaan Indigo Creative Nation (ICN) dengan produk berupa aplikasi direktori event perkotaan, akan mengembangkan diri ke sektor pariwisata pada tahun ini. Menurut Sammy Ramadhan, CEO Goers, setelah fokus layanan aplikasi tersebut dilakukan dari Januari 2015 sampai akhir 2016, pengembangan dilakukan mulai 2017 ini.

"Kami ingin mendorong industri pariwisata Indonesia dengan mempromosikan berbagai macam events, aktivitas, serta tempat-tempat yang sedang tren di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun internasional," kata Sammy kepada Tekno Liputan6.com, akhir pekan lalu.

Untuk tujuan itu, Goers sudah merancang strategi kampanye yakni #YukPergi. Ini bertujuan mengajak semua orang berpergian, menikmati momen-momen terbaik, melakukan aktivitas dan merasakan hal-hal baru, serta memberikan pengalaman tak terlupakan. Hal ini memungkinkan karena sebagai salah satu binaan Indigo, mereka telah menjalin nota kesepahaman dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Ia melanjutkan, tahun ini ia berencana mendekati industri layar lebar guna mempromosikan berbagai film lokal, juga tidak menutup kemungkinan film internasional.

"Dukungan mentoring Indigo tahun 2015-2016 kemarin membuat bisnis kami memungkinkan mendapat akses pasar lebih luas, terutama ke market Telkom Group yang sangat besar. Bagian terbaik yang kami dapatkan dari Indigo adalah kehadiran Telkom Group," tutur Sammy.

Goers adalah daily discovery platform, sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat yang masih bingung menentukan kegiatan atau acara di waktu luangnya, dengan mendapatkan informasi dan tiket acara. Hal itu bisa diperoleh dengan cepat karena kehadiran fitur rekomendasi acara dan kegiatan relevan dengan minat pengguna. Saat ini, Goers memberikan lebih dari 1.000 informasi acara dan kegiatan baik gratis maupun berbayar setiap bulannya.

Aplikasi ini juga bertujuan membantu talenta-talenta kreatif, seperti desainer, musisi, pembuat acara, dan semacamnya dalam memasarkan acara yang dibuat di Jakarta dan Bandung. Di platform ini pengguna yang ingin melakukan pemesanan atau membeli tiket event tersebut, dapat melakukannya di Goers.

Saat ini, Goers telah memiliki puluhan ribu pengguna dan memiliki ratusan partner. Mulai dari event organizer, promotor, venue operator, resto, club, gym, co-working space, sekolah, universitas, hingga komunitas.

Setelah dibangun pertama kali pada awal 2015, pada bulan Mei 2015 Goers sudah dapat diunduh di App Store, diikuti di Play Store pada September 2015 lalu. Kemudian, Goers berhasil menyabet gelar juara pertama di kompetisi Indonesia Next Apps 2.0 pada Agustus 2015 lalu.

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.