Sukses

Jadi Bintang di Nintendo Switch, Ini 4 Fitur Terbaik Joy-Con

Seperti apa inovasi dan kemampuan yang dimiliki kontroler terbaru Nintendo Switch, Joy-Con? Simak artikel berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo baru saja memperkenalkan konsol terbaru besutannya, yakni Nintendo Switch. Konsol ini terbilang unik karena mengusung desain hybrid, yaitu dapat dimainkan sebagai perangkat rumahan maupun portabel.

Jadi, Switch dapat mendukung beberapa modus bermain, seperti handheld, tabletop, termasuk modus TV. Beragam modus tersebut didukung dengan kehadiran kontroler anyar yang diberi nama Joy-Con.  

Kontroler baru ini terbilang unik karena disebut-sebut menawarkan cara baru dalam bermain gim. Lantas apa saja kemampuan yang dihadirkan Nintendo di kontroler anyar ini?

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah sejumlah kemampuan dan inovasi yang dihadirkan perusahaan Jepang tersebut untuk Joy-Con seperti dikutip dari laman Business Insider, Selasa (17/1/2017).

1. Kehadiran tali pengait

Mengingat Joy-Con dapat dipisahkan satu sama lain, Nintendo pun tak lupa menyediakan aksesori tambahan tali pengait. Kendati sederhana, kehadiran tali pengait ini dipastikan dapat menambah pengalaman bermain Switch yang lebih baik.

Cukup mengaitkan tali pengait ke pergelangan tangan, Joy-Con pun dapat dengan lebih nyaman dikendalikan. Pengguna tak perlu khawatir kontroler tersebut akan jatuh atau terlempar saat sedang bermain gim.

2. Teknologi getaran HD Rumble

Seperti diketahui. kontroler ini sudah dibekali dengan fungsi menarik di dalamnya. Salah satunya terletak pada sistem haptic feedback yang disebut lebih baik dan inovatif.

Sistem yang diberi nama 'HD Rumble' ini diklaim mampu memberikan sensasi sentuhan atau getaran yang akurat dengan kondisi nyata, seperti ketika sebuah air dituangkan ke dalam gelas atau beberapa jumlah es batu yang jatuh ke dalam gelas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sensor IR

3. Sensor IR

Nintendo Switch bakal mulai dipasarkan pada 3 Maret mendatang di seluruh dunia, Tokyo, Jumat (13/1). Switch hadir dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan kombinasi merah-biru. Keduanya dijual dengan harga yang sama. (AP Photo/ Koji Sasahara)

Sebagai informasi, kontrol kanan Joy-Con sudah dibekali dengan sensor infra-red (IR). Kehadiran sensor ini membuat Joy-Con dapat mengenali bentuk, gerakan, dan jarak objek yang ada di depannya.

Kemampuan ini menjadi fitur kunci untuk memainkan sejumlah judul gim yang memerlukan gerakan. Jadi, Joy-Con dapat diubah menjadi pemukul baseball, air guitar, pedang, senjata api, atau apa pun tergantung kebutuhan saat bermain gim.

4. Fungsi beragam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kontroler ini dapat berfungsi menjadi beberapa modus. Perbedaan itu sesuai dengan beragam modus yang bisa dilakukan pada Nintendo Switch sendiri.

Gim baru seperti Legend of Zelda: Breath of the Wild jelas merekomendasikan pengguna untuk memanfaatkan kedua Joy-Con yang dihubungkan ke kontroler Grip.

Ketika ingin memainkannya secara portabel, pengguna cukup menyematkan Joy-Con di dock utama Switch.

Sementara jika ingin memainkan dalam modus tabletop, pengguna dapat melepas masing-masing Joy-Con tersebut. Pada modus ini, Joy-Con dapat berfungsi layaknya remote di Wii dan Wii U.

Tak hanya itu, Joy-Con pun dapat digunakan secara terpisah untuk memainkan gim di Nintendo Switch bersama dengan teman kamu.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini