Sukses

Ini Penampilan Kartrid Nintendo Switch

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum resmi diperkenalkan pekan lalu, Nintendo sudah memastikan Switch dapat dimainkan memakai kartrid. Namun pada gelaran peluncuran Switch, terungkap bahwa kartrid yang dimaksud tak sebesar ukuran kartrid pada umumnya dan lebih mirip dengan kartu memori.

Tampilan game card yang digunakan untuk bermain NIntendo Switch (sumber: venturebeat.com)

Dikutip dari Venture Beat, Rabu (18/1/2017), Nintendo menyebut kartu memori ini sebagai game card. Desain kartu ini sedikit mengingatkan pada model yang juga digunakan pada Nintendo 3DS, konsol handheld yang rilis pada 2012.

Kendati memiliki ukuran kecil, kapasitas yang dimiliki game card terbilang cukup mumpuni. Kartu ini disebut-sebut mempunyai kapasitas penyimpanan yang setara dengan Blu-ray biasanya, yakni sekitar 25GB.

Penggunaan model ini juga diprediksi memungkinkan pengembang mampu menghemat biaya. Sebab, kebanyakan data gim di Nintendo besarnya tak lebih dari 10GB. Karena itu ketimbang menggunakan compact disc (CD), kartu memori dapat menjadi pilihan yang lebih ringkas dan hemat.

Sebagai informasi, Switch merupakan konsol anyar besutan Nintendo yang mengusung konsep hybrid. Konsol ini dapat dimainkan dengan beberapa modus, seperti handheld, tabletop, serta TV mode. Inti dari konsol ini terletak pada konsol yang tampak mirip dengan tablet.

Saat dilepas dari docking-nya, konsol ini hadir dengan resolusi 720p dan akan naik ke 1080p saat terpasang di docking-nya. Pada docking tersebut, pengguna dapat memanfaatkan output port untuk menampilkan gambar ke TV dan suara surround 5.1 via HDMI.

Disebutkan, Switch akan memiliki daya baterai selama 2,5 jam hingga 6 jam. Nintendo mengklaim, baterai konsol Switch bisa bertahan selama 1 jam saat bermain The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Nintendo Switch sendiri akan diluncurkan secara global pada 3 Maret 2017. Perusahaan asal Jepang itu mematok harga Nintendo Switch di 29.980 yen atau sekitar Rp 3,5 juta. Nantinya, ada dua pilihan konsol yang ditawarkan, dengan Joy-Con berwarna abu-abu atau berwarna neon red dan neon blue.

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
5 Smartphone Baterai Jumbo dengan Harga Terjangkau untuk Mudik
Artikel Selanjutnya
Beragam Gim Jadul Sega Kini Bisa Dimainkan di iOS dan Android