Sukses

Kisah Aaron Swartz, Pendiri Reddit yang Bunuh Diri

Liputan6.com, New York - Sebagian besar pengguna internet pasti tahu yang namanya Reddit. Ya, Reddit adalah situs forum yang juga befungsi sebagai media sosial entertainment. Reddit pun akrab dikenal dengan slogan 'the front page of the internet' karena kerap 'membocorkan' informasi-informasi terselubung.

Namun tahukah kamu, ada kisah tragis di balik berdirinya Reddit? Situs ini didirikan oleh seorang pria yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan melakukan bunuh diri. Dan kini, tepat pada 2017, menjadi tahun keempat setelah ia mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis.

Adalah Aaron Swartz, pendiri Reddit dan juga orang di balik terciptanya RSS (Really Simple Syndication), ditemukan tewas secara mengenaskan di apartemennya di New York. Kematian Swartz cukup menggemparkan, mengingat kasus orang bunuh diri terhitung jarang di ranah teknologi.

Michael Wolf selaku paman mengatakan, Swartz tewas dengan cara gantung diri. Salah seorang teman Swartz tak sengaja menemukan tubuhnya tergantung saat ia memasuki apartemen.

Sampai saat ini, belum diketahui apa yang menyebabkan aktivis internet itu mengakhiri hidupnya.

Swartz yang Berprestasi

Jauh sebelum tragedi kematian Swartz terjadi, pria yang lama menggeluti dunia teknologi ini dikenal berprestasi.

Sepak terjang Swartz terbilang cukup gemilang. Seperti diketahui, ia mengusung ide user generated content saat menciptakan Reddit, memungkinkan para penggunanya yang telah terdaftar memasukkan konten secara bebas.

Swartz juga merupakan salah satu sosok di balik terciptanya RSS sehingga pengguna bisa berlangganan informasi dari sebuah website.

Hebatnya, itu dilakukan pada saat usianya 14 tahun. Swartz juga dikenal sebagai aktivis internet, yang gigih memperjuangkan informasi tersedia secara gratis di internet dan terbuka untuk umum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Swartz

Tersandung Kasus

Sebelum meninggal, Swartz sempat tersandung kasus hukum pada Juli 2011. Ia didakwa atas tuduhan menyusupi jaringan JSTOR secara ilegal.

JSTOR adalah sebuah situs perpustakaan digital yang menyimpan dan mendistribusikan jurnal akademis. Ia dituduh telah men-download 4,8 juta jurnal akademis dari JSTOR untuk dibagikan di internet.

Salt Lake Tribune melaporkan, proses hukum masih terus berlanjut. Ia dikenakan kasus penipuan di internet dan pencurian melalui komputer, dengan dakwaan hukuman penjara hingga 35 tahun dan denda US$ 1 juta.

"Aaron membangun hal-hal baru mengejutkan yang mengubah aliran informasi di seluruh dunia," kata Susan Crawford, profesor School of Law di New York yang juga bertugas di pemerintahan Obama sebagai penasihat teknologi. Ia menyebut Swartz sebagai orang "ajaib" yang rumit.

Sementara itu, aktivis Carl Malamud mengatakan bahwa meski ia tidak menyetujui tindakan Swartz, namun akses ke pengetahuan berkaitan dengan akses uang.

"Aaron mencoba untuk mengubah itu dan seharusnya itu tidak dianggap sebagai kegiatan kriminal," tandasnya.

Beberapa tahun terakhir memang merupakan momen yang sulit bagi Swartz, sebelum ia mengembuskan napas terakhir.

"Ia depresi dan berjuang melawan penyakitnya yang kronis," kata Quinn Norton, teman dekat Swartz, tanpa menyebutkan apa penyakitnya.

Swartz juga dikenal sebagai pendiri DemandProgress.org, sebuah kampanye online untuk melawan sensor internet SOPA/PIPA

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini