Sukses

Gelombang Gravitasi Planet Venus Diklaim Terbesar di Tata Surya

Badan Antariksa Jepang mengambil pemandangan Planet Venus berselimut gelombang gravitasi raksasa. Seperti apa wujudnya?

Liputan6.com, Tokyo - Gelombang gravitasi yang ada di Planet Venus diklaim sebagai gelombang gravitasi terbesar di tata surya.

Temuan tersebut diungkap dari foto terbaru Venus yang memperlihatkan hampir semua wajah planet dipenuhi riak gelombang gravitasi. Foto itu diambil oleh Akatsuki, pesawat luar angkasa milik Badan Antariksa Jepang, JAXA.

Laman Mirror, seperti dikutip Tekno Liputan6.com pada Rabu (18/1/2017), mengungkapkan bahwa foto tersebut diambil Akatsuki pada Desember 2015 lalu. Para peneliti JAXA meyakini, gelombang yang terbuat dari kumpulan awan sulfur asam ini memiliki ketebalan 10.000 kilometer.

Pada kesempatan yang sama, tim peneliti di Rikkyo University yang juga turut membantu penelitian itu mengatakan, munculnya gelombang gravitasi yang tertangkap kamera Akatsuki bukan disebabkan oleh hempasan angin yang berada di kawasan atmosfer Venus.

"Angin di atmosfer planet itu memiliki kecepatan 223 meter per jam, namun bukan menjadi penyebab utama yang membentuk gelombang. Setelah kami amati, status gelombang tersebut stationer (diam) dan tidak mungkin bergerak menyapu lapisan atmosfer Venus bagi gelombang sebesar itu," tulis tim peneliti.

Sekadar informasi, kecepatan angin di atmosfer Venus sendiri lebih cepat ketimbang rotasi planetnya. Bahkan, temuan menarik lainnya mengumbar bahwa satu hari di Venus itu memiliki durasi seperti satu tahun di Bumi.

Venus memang tengah menjadi fokus Badan Antariksa termasuk NASA pada tahun ini. Bahkan, Badan Antariksa Amerika Serikat itu telah menyiapkan misi eksplorasi yang bernama "The Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography, and Spectroscopy Mission" atau disingkat menjadi VERITAS.

Nanti, NASA akan mempelajari detil permukaan Planet tetangga Bumi tersebut, seperti topografi, deformasi Planet selama bertahun-tahun dan komposisi struktur permukaan Venus.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.