Sukses

Kapan Layanan 4.5G Bisa Dinikmati Masyarakat Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan pengguna yang terus tinggi akan akses data, membuat Huawei tergerak untuk mendukung operator seluler dalam memperluas implementasi teknologi 4.5G di Indonesia.

Huawei mengklaim, teknologi yang berada di antara 4G dan 5G ini mampu menyuguhkan kecepatan akses data yang lebih stabil hingga 1 Gbps.

"Kecepatan akses data 4.5G bisa mencapai 1Gbps, namun experience-nya rata-rata bisa tembus hingga 300 Mbps. Dengan demikian, pengguna bisa mengunduh data lebih cepat, menikmati konten video streaming tanpa buffering, dan transfer data secara cepat tanpa kabel," ujar Mohamad Rosidi, Deputy Director ICT Strategy and Marketing Huawei Indonesia yang ditemui Tekno Liputan6.com, Selasa (17/1/2016) di Jakarta.

Rosidi menuturkan, 4.5G dihadirkan atas permintaan pengguna yang tanpa disadari membutuhkan akses data lebih cepat. 

Tak hanya mengakomodasikan video streaming dengan lebih cepat, lanjutnya, 4.5G juga memungkinkan pengguna untuk bisa menikmati siaran TV beresolusi 4K, konten virtual reality (VR), augmented reality (AR), Wireless to The X (WTTx) untuk hunian, dan bahkan kebutuhan internet of things (IoT).

"Untuk komersialisasi 4G kemungkinan besar akan terealisasi pada tahun ini, semua tergantung kesiapan operator. Ada beberapa operator yang sudah melakukan uji coba 4.5G dengan Huawei, salah satunya adalah Telkomsel," terang Rosidi.

Sebagai informasi, uji coba 4.5G yang dilakukan Telkomsel akhir tahun lalu, kecepatannya tembus hingga 1 Gbps di wilayah Jakarta Selatan. Teknologi tersebut merupakan gabungan antara antena 4x4 Multiple-Input Multiple-Output (MIMO), teknologi modulasi 256-Quadrature Amplitude Modulation (QAM), dan LTE Licensed-Assisted Access (LAA)

Dengan meleburnya tiga teknologi ini, peningkatan kecepatan data diklaim bisa mencapai lebih dari empat kali lipat dari uji coba LAA sebelumnya. Selain Telkomsel, beberapa operator yang tengah menyiapkan layanan akses data 4.5G adalah XL dan Indosat Ooredoo.

Sebagai perbandingan, teknologi 4G secara teoritis menawarkan kecepatan akses data hingga 300 Mbps, sementara 5G mendukung kecepatan hingga 10Gbps.

(Isk/Cas)

 

Artikel Selanjutnya
Hampir 6 Ribu Penduduk Indonesia Daftar Jadi Warga Luar Angkasa
Artikel Selanjutnya
Dirombak Ulang, Begini Tampilan Ponsel Lawas Nokia 'Daun'