Sukses

Mengenal Layanan Internet WTTx

Liputan6.com, Jakarta - Saat layanan 4.5G sudah resmi hadir di Indonesia, salah satu layanan yang akan bisa dinikmati adalah Wireless to The X (WTTx). Dalam hal ini Huawei menawarkan layanan tersebut untuk hunian.

Mohamad Rosidi, Deputy Director ICT Strategy and Marketing Huawei Indonesia memaparkan, 'X' dalam WWTx bisa mengarah pada apa saja. Bisa rumah, kantor, dan bangunan lainnya.

"WWTx yang kami tawarkan di Indonesia adalah untuk rumahan. Alasannya adalah karena kebanyakan pengguna internet di Tanah Air, sebagian besar mengakses data secara wireless di kantor," ujar Rosidi yang ditemui Tekno Liputan6.com, Selasa (17/1/2017) di Jakarta.

Pria berkacamata ini menuturkan, WWTx bisa menjadi solusi yang efisien untuk layanan internet di rumah. Penyedia layanan internet tak harus menggali kabel optik untuk menghubungkan akses internet ke rumah pengguna.

"Cukup memasang Customer Premise Equipment (CPE)--sebagai penerima sinyal dari BTS--bentuknya seperti modem di rumah, pengguna langsung bisa menikmati akses data 4.5G untuk menontot siaran TV beresolusi 4K, virtual reality gaming, dan lain sebagainya," terangnya.

Rosidi mengklaim, layanan WWTx cocok untuk pasar Indonesia, yang mana infrastruktur fiber optic-nya belum merata. Salah satu negara di Asia Tenggara yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Filipina.

Mengenai layanan 4.5G, Huawei mengklaim bahwa teknologi tersebut mampu menyuguhkan kecepatan akses data yang lebih stabil hingga 1 Gbps.

Mohamad Rosidi, Deputy Director ICT Strategy and Marketing Huawei Indonesia. Liputan6.com/Iskandar

"Kecepatan akses data 4.5G bisa mencapai 1 Gbps, namun experience-nya rata-rata bisa tembus hingga 300 Mbps. Dengan demikian, pengguna bisa mengunduh data lebih cepat, menikmati konten video streaming tanpa buffering, dan transfer data secara cepat tanpa kabel," tambahnya.

Lalu, kapan layanan 4.5G akan hadir secara resmi di Indonesia? Rosidi mengungkapkan, kemungkinan besar layanan 4.5G akan terealisasi pada tahun ini. Ada beberapa operator yang sudah melakukan uji coba 4.5G dengan Huawei, salah satunya adalah Telkomsel.

Sebagai informasi, selain Telkomsel, beberapa operator yang tengah menyiapkan layanan akses data 4.5G adalah XL dan Indosat Ooredoo.

(Isk/Cas)

Artikel Selanjutnya
XL Ajak Vendor dan Distributor Ponsel Siapkan Ekosistem 4,5G
Artikel Selanjutnya
Workspace One Hadirkan Solusi Aman bagi Pebisnis Mobile