Sukses

Sudah Ada 4G, Kok Indosat Ooredoo Terapkan Teknologi 4,5G?

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul beberapa operator lainnya, Indosat Ooredoo akhirnya juga ikut mengimplementasi teknologi 4,5G sebagai pendukung teknologi yang sudah mereka komersialisasikan sebelumnya, yakni 4G.

Group Head Network Strategy and Solution Indosat Ooredoo, Yune Marketatmo mengatakan adopsi teknologi 4,5G bertujuan untuk memberikan kapasitas tambahan bagi jaringan 4G dan menawarkan sejumlah keunggulan bagi pelanggan.

Salah satunya adalah user experience yang lebih baik. Teknologi 4,5G menawarkan latensi lebih rendah sehingga penerimaan akses layanan lebih cepat. Pelanggan juga dapat menikmati peningkatan kecepatan internet dari sebelumnya.

"Kecepatan internet, baik upload dan download, akan meningkat hingga 20 persen. Misalnya, jika rerata 70 Mbps, kecepatannya bisa naik menjadi 84 Mbps," ungkap Yune ditemui di Media Briefing Teknologi 4,5G di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Sayangnya, saat ini jaringan 4,5G baru dapat dinikmati pelanggan Indosat di Jakarta, Bandung, dan Bali. Namun, Indosat akan memperluas cakupannya di Pulau Jawa dan beberapa kota lain di luar Pulau Jawa sesuai kebutuhan.

Soal handset, kata Yune, semua ponsel 4G sudah bisa merasakan keunggulan dari teknologi 4,5G. "Hanya saja, pengalamannya akan lebih optimal dirasakan untuk ponsel-ponsel 4G premium," tambah Yune.

Implementasi 4,5G sendiri telah dilakukan sejak 2016 di sebanyak 80 persen site Indosat Ooredoo di Pulau Jawa. Saat ini, Indosat tercatat telah memiliki lebih dari 80 juta pengguna di Indonesia.

(Cas/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Indonesia Tak Perlu Buru-Buru Adopsi 5G
Artikel Selanjutnya
Kemkominfo Siap Buka Konsultasi Publik OTT Pekan Depan