Sukses

12 Juta Dokumen Rahasia CIA Tersedia Online

Liputan6.com, Washington DC - CIA (Central Intelligence Agency) membocorkan kumpulan dokumen rahasianya secara online.

Dokumen ini memang tidak dibeberkan begitu saja di internet, tetapi badan intelijen itu mengunggah 12 juta dokumen rahasia di situs resminya, dan bahkan bisa diakses pengunjung.

Seperti dilansir dari Ubergizmo, Jumat (20/1/2017), dokumen tersebut adalah hasil laporan dan investigasi CIA yang berlangsung selama lima dekade terakhir. Dokumen-dokumen itu memiliki status top secret, yang sangat dirahasiakan CIA dari publik.

Di antara jutaan dokumen yang diunggah, ada beberapa rekam jejak hasil investigasi CIA yang menarik dan patut ditelusuri, seperti laporan penampakan UFO, diskusi pembunuhan Fidel Castro hingga terkuaknya apa yang sebenarnya terjadi pada serangkaian peristiwa yang melibatkan Nazi.

Ini bukan pertama kalinya CIA memutuskan untuk mengunggah dokumen rahasianya secara publik. Pada 1995 silam, CIA sempat diperintah Presiden Bill Clinton untuk membuat status dokumen tersebut menjadi ‘declassified’ (tak lagi rahasia).

Alasannya, konten yang terkandung di dalam dokumen dianggap tak lagi berlaku mengikuti perkembangan isu yang terjadi. Bisa jadi, 12 juta dokumen yang baru saja diunggah itu, pun dilatarbelakangi alasan serupa.

Kumpulan dokumen di situs CIA ini diungkap menggunakan teknologi CREST atau CIA Records Search Tool online. Dokumen tersimpan dalam database yang bisa dicari berdasarkan koleksi, judul, tanggal publikasi dan jenis klasifikasi.

Jika kamu penasaran, bisa langsung mengunjungi situs CIA di tautan berikut ini.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini