Sukses

Kekayaan Pria Ini Lampaui Donald Trump dan Oprah Winfrey

Liputan6.com, Jakarta - Bagi gamer PC dan Mac, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Co-founder sekaligus Presiden Valve Corp, Gabe Newell.

Baru-baru ini, pelopor di industri gim dengan platform gaming Steam ini kembali masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes 2016.

Meski berada di posisi 134, ternyata kekayaan Gabe melampaui kekayaan Oprah Winfrey, Steven Spielberg, bahkan Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Demikian dikutip dari laman Forbes, Kamis (19/1/2017).

Berbeda dari mereka yang ada di dalam daftar, Gabe mendapat keuntungan miliaran dolar lewat bisnis teknologi dan gim video. Disebutkan, jumlah kekayaan Gabe saat ini sudah mencapai US$ 4,1 miliar atau setara dengan Rp 54,8 triliun.

Sekadar informasi, Gabe mengawali karirnya sebagai salah satu anggota pembuat sistem operasi Windows di Microsoft. Dengan uang yang ia peroleh sebagai pegawai Microsoft, ia dan mantan rekan Mike Harrington membentuk perusahaan Valve Software.

Perusahaannya menjadi perhatian gamer ketika mereka meluncurkan platform beli dan unduh gim di PC dan Mac bernama Steam. Saat ini, Steam sudah memiliki 200 juta pengguna aktif di seluruh dunia, dan setiap kali ada yang membeli gim, Valve mendapatkan persenan.

Sejak membentuk perusahaan hingga kini, Valve masih menjadi perusahaan swasta. Selain bertindak sebagai pemilik Steam, perusahaan yang berbasis di Washington, AS, ini juga mengembangkan beberapa gim ternama seperti, Dota 2; Half-Life dan Half-Life 2; dan Team Fortress 2.

Valve juga bekerja sama dengan HTC untuk membuat headset virtual reality (VR) HTC Vive yang kompatible dengan Steam.

Ketimbang pesaingnya--EA Origins dan Microsoft Windows 10 Store--Steam memiliki pengguna yang sangat setia dan rela mengeluarkan uang untuk membeli gim-gim di Steam, khususnya saat ada program potongan harga.

(Ysl/Cas)