Sukses

Pendapatan Aplikasi Mobile di Dunia Tembus Rp 467 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - App Annie, perusahaan intelijen bisnis dan data aplikasi mobile mencatat, sepanjang 2016 semakin banyak pengguna yang mengunduh aplikasi dan menggunakannya.

Dalam Restrospective Report 2016, App Annie melaporkan bahwa pengunduhan aplikasi tumbuh 15 persen di seluruh dunia melalui iOS dan Google Play dengan total waktu yang dihabiskan dalam menggunakan aplikasi naik sebesar 25 persen.

Laporan ini juga menyatakan bahwa rata-rata pengguna menggunakan 30 aplikasi setiap bulan di berbagai toko aplikasi. Berkat tren tersebut, pendapatan sejumlah publisher di dunia meningkat 40 persen di setiap tahunnya.

Peningkatan semakin melesat di atas tahun 2015 dengan menghasilkan US$ 35 miliar atau sekitar Rp 467 triliun dari toko aplikasi iOS dan Google Play.

Apabila iklan di dalam aplikasi juga dihitung dari pendapatan toko aplikasi resmi dan tidak resmi di tahun 2016, publisher telah meraih keuntungan sebesar US$ 89 miliar atau sekitar 1,1 kuadriliun.

“Sebagaimana teknologi dan model bisnis terus berkembang, aplikasi memainkan peran yang lebih besar dalam mengubah dan menciptakan peluang untuk perusahaan dan industri, baik yang telah berjalan atau pun baru dimulai,” kata Danielle Levitas, Senior Vice President of Research App Annie melalui keterangan resminya, Kamis (19/1/2017).

“Kami melihat indikasi utama dari pergeseran ini secara global. Penerapan aplikasi sedang berkembang pesat di pasar negara berkembang, termasuk India dan Indonesia, sementara pasar di negara maju terlihat jika aplikasi tersebut sedang menantang dan mengubah industri tradisional termasuk ritel, hiburan, dan perbankan,” sambungnya.

Beberapa sorotan utama dari Restrospective Report App Annie adalah pasar aplikasi India meningkat secara signifikan melampaui Amerika Serikat, sebagai negara pertama yang paling banyak mengunduh di Google Play dari 3,5 miliar unduhan menjadi 6 miliar unduhan pada 2016.

Sementara itu, jumlah pengunduhan meningkat lebih dari 13 miliar dengan mencapai 90 miliar melalui iOS dan Google Play.

Penggunaan, pengunduhan, dan pendapatan meningkat di seluruh dunia dengan total waktu yang digunakan dalam menggunakan aplikasi meningkat lebih dari 150 miliar jam di setiap tahunnya, mencapai hampir 900 miliar jam di tahun 2016.

Sebagian besar negara mengalami pertumbuhan lebih dari 20 persen di setiap tahunnya dalam waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi.

(Isk/Cas)

 

 

Artikel Selanjutnya
Angka Pengguna Aplikasi di Indonesia Tertinggi di Dunia
Artikel Selanjutnya
UCWeb Suntik 400 Miliar Rupiah untuk Pasar Indonesia dan India