Sukses

Trump Yakin CEO Apple Pertimbangkan Produksi iPhone di AS

Donald Trump yakin CEO Apple Tim Cook benar-benar mempertimbangkan permintannya untuk melakukan proses produksi di AS.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump yakin CEO Apple Tim Cook mencintai AS. Atas keyakinan itu, ia pun optimistis Cook benar-benar mempertimbangkan permintaannya untuk melakukan proses produksi di AS.

Pembangunan pabrik Apple di AS merupakan salah satu keinginan Trump, yang disampaikan saat kampanye beberapa waktu lalu. Ia ingin produk-produk Apple, seperti iPhone, dapat diproduksi di sana.

Menurut Trump, Cook akan melakukan sesuatu yang besar untuk AS mengingat ia sangat mencintai negaranya itu. Maka itu, membangun beberapa pabrik dirasa bukan sesuatu yang mustahil bagi Cook dan Apple.

"Saya mengatakan kepadanya (Tim), 'Tim, akan menjadi sebuah pencapaian besar jika kau mulai membangun beberapa pabrik besar di negara ini, dibandingkan negara lain.' Dan saya pikir ia 'membuka matanya' terhadap hal itu," tutur Trump seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (20/1/2017).

Apple sebenarnya sudah mendukung industri manufaktur AS. Banyak perusahaan yang memasok material untuk iPhone dan berbagai produk Apple lainnya, memiliki pabrik di AS. Salah satunya adalah Corning, yang membuat kaca untuk iPhone dan berbasis di New York.

Namun yang diinginkan oleh Trump bukan semacam itu. Trump disebut ingin Apple membangun pabrik perakitan besar, seperti yang dilakukan Foxconn untuk Apple di Tiongkok.

Apple memang dilaporkan sedang mengupayakan agar bisa memproduksi iPhone di dalam negeri. Apple dikabarkan meminta para mitra manufaktur besar di Asia, seperti Foxconn, untuk mempertimbangkan agar dapat memproduksi berbagai produknya di Negeri Paman Sam.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini