Sukses

Unduhan Aplikasi Sepanjang 2016 Tembus 90 Miliar Kali

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar mobile, App Annie, melaporkan jumlah unduhan aplikasi Android dan iOS sepanjang 2016 naik year-over-year 15 persen. Total unduhan mencapai 90 miliar kali.

Dari total puluhan miliar unduhan itu, penerbit aplikasi kedua platform meraup pendapatan sebesar US$ 89 miliar. Sementara pendapatan yang dihasilkan aplikasi pada tahun lalu sekira US$ 127 miliar, dengan 30 persennya masuk ke kantong pemilik platform.

Adapun waktu yang dihabiskan menggunakan aplikasi, tumbuh lebih dari 20 persen, yakni hampir mencapai 900 miliar jam. Jumlah tersebut dinilai tidak begitu mengejutkan, mengingat kecenderungan pengguna smartphone sering mengakses aplikasi.

Lebih lanjut, YouTube mengantongi titel "raja hiburan" pada tahun lalu dengan memimpin jumlah pengguna aktif di Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Namun Netflix berhasil mengalahkan YouTube di AS dan luar AS untuk pendapatan di App Store.

Gim mobile memiliki periode manis pada 2016, dengan kontribusi sebesar 75 persen dari seluruh pendapatan untuk aplikasi di iOS dan 90 persen di Android. Gim Pokemon Go yang meraih popularitas pada tahun lalu, menghasilkan pendapatan sebesar US$ 950 juta.

App Annie juga melaporkan bahwa adopsi aplikasi tumbuh cepat di pasar berkembang seperti India, Indonesia, Meksiko dan Brasil.

Dalam laporan yang sama, lima aplikasi populer berdasarkan total pendapatan pada 2016 adalah Spotify, Line, Netflix, Tinder, dan HBO Now. Sementara lima gim terpopuler adalah Monster Strike, Clash of Clans, Pokemon Go, Game of War: Fire Age dan Clash Royale. Demikian dilansir dari Phone Arena, Jumat (20/1/2017).

(Din/Why)

Artikel Selanjutnya
Pasar Digital Gaming Capai US$ 7,7 Miliar pada April 2017
Artikel Selanjutnya
Pendapatan Aplikasi Mobile di Dunia Tembus Rp 467 Triliun