Sukses

Cara Putus Hubungan dari Akun Gmail di Semua Perangkat

Adakalanya situasi tertentu memungkinkan orang tak berkepentingan dapat melihat seluruh isi email kamu tanpa kamu sadari.

Liputan6.com, Jakarta - Entah saat itu smartphone, laptop atau tablet kamu hilang; atau sedang meminjam laptop seseorang dan lupa log out. Adakalanya situasi tersebut memungkinkan orang tak berkepentingan dapat melihat seluruh isi email kamu.

Jarang diketahui oleh banyak pengguna, Google ternyata menyediakan sebuah fitur di mana mereka dapat log out dari seluruh perangkat--baik mobile atau komputer-- yang terhubung dengan mudah dan cepat.

Bagaimana caranya? Berikut adalah trik yang Tekno Liputan6.com sajikan untuk kamu terapkan saat menghadapi situasi-situasi di atas.

Tips bagaimana cara log out akun Gmail di seluruh perangkat. (Liputan6.com/ Yuslianson)

1. Log in ke akun Gmail kamu dari peramban apapun

2. Gulir ke bagian bawah Inbox dan tepat di kanan bawah terdapat tulisan "Last account activity". Di sini, kamu akan menemukan tautan dengan tulisan "Details".

3. Klik tautan tersebut dan akan ada jendela popup yang menampilkan seluruh aktivitas akun Google kamu dan sebuah tombol untuk mengakhirnya.

Jika kamu ingin memastikan seluruh akun Google kamu sudah log out dari perangkat yang pernah terhubung, maka kamu cukup klik tombol tersebut. Namun, kamu juga bisa memeriksa aktivitas dan mengindentifikasi aplikasi dan perangkat apa yang sudah tidak kamu akses lagi.

Saat jendela popup itu muncul, kamu bisa melihat browser, perangkat, aplikasi atau mail server (POP atau IMAP) yang terhubung dengan akun Google di kolom 'Access Type".

Jika kamu merasa tidak mengenali aktivitas tersebut, ada kemungkinan ada seseorang yang berhasil nge-hack akun kamu dan harus segera mengubah password akun. Demikian dikutip dari laman Techspot, Jumat (20/1/2017).

Tips bagaimana cara log out akun Gmail di seluruh perangkat. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Di kolom "Authorized Application", kamu bisa mengklik "Show details" dan "Manage Accont Access", untuk mendapatkan daftar lengkap aplikasi apa saja yang terhubung dengan Gmail.

Tips bagaimana cara log out akun Gmail di seluruh perangkat. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Selain memberikan informasi yang lebih detail, kamu pun dapat menggunakan tombol "Remove" untuk memutus hubungan aplikasi tersebut dengan akun Gmail kamu.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini