Sukses

5 Gim Resident Evil Terbaik Sepanjang Masa

Liputan6.com, Jakarta - Pada 20 tahun lalu, lewat Resident Evil (RE), Shinji Mikami dan Tokuro Fujiwara mengawali rangkaian waralaba fenomenal yang tak sebatas serial gim saja, tetapi juga buku komik, novel, film, serial anime, bahkan sampai action figures.

Dirilis pertama kali untuk konsol PlayStation (PS1), Resident Evil menjadi salah satu seri gim bergenre suvival horor paling awet dan sukses dibandingkan gim-gim serupa lainnya.

Jelang peluncuran seri teranyarnya, Resident Evil VII: Biohazzard pada tanggal 24 Januari 2017 mendatang, Tekno Liputan6.com merangkum 5 gim Resident Evil terbaik yang pernah dirilis oleh Capcom.

5. Resident Evil 5

Dirilils pertama kali pada 2009, Resident Evil 5 memang lebih mengutamakan gameplay yang lebih penuh aksi ketimbang gameplay konvensional yang biasa Capcom gunakan di seri-seri RE sebelumnya.

Meski banyak dicibir pecinta sejati seri ini, Resident Evil 5 merupakan salah satu seri yang cukup seru untuk dimainkan, khususnya bersama dengan kawan (co-op).

4. Resident Evil 3: Nemesis

Dirilis bersamaan dengan spin-off Resident Evil yang berjudul Code: Veronica, Resident Evil 3: Nemesis merupakan seri penutup gim bergenre survival horor ini untuk konsol PlayStation (PS1). Berlatar cerita sebelum dan sesaat seri Resident Evil 2, Resident Evil 3 kembali menampilkan polisi wanita nan cantik bernama Jill Valentine.

Berusaha untuk tetap bertahan hidup dan keluar dari kota yang sudah dipenuhi zombie, Jill juga harus berhadapan sesosok monster yang bernama Nemesis yang selalu muncul tak terduga membuat gim ini layak untuk dimainkan kembali berulang kali.

1 dari 3 halaman

Resident Evil 4

3. Resident Evil

Seperti disebutkan sebelumnya, Resident Evil seri pertama merupakan gim yang fenomenal saat pertama kali dirilis untuk PlayStation. Dalam seri pertama ini, untuk pertama kalinya gamer diperkenalkan oleh karakter-karakter gim paling terkenal seperti Jill Valentine, Chris Redfield, dan Albert Wesker.

Meski fenomenal, gim tersebut memiliki banyak keterbatasan. Salah satu alasannya adalah kapasitas inventory dan tinta yang terbatas dan cerita yang cukup membosankan. Tentunya hal ini cukup wajar, mengingat ini merupakan seri pertama RE.

2. Resident Evil 4

Tampil dengan gameplay third-person action untuk pertama kalinya, Resident Evil 4 tidak menyimpang jauh dari "akar" mereka yakni genre horor. Hal ini terlihat dengan suasana di dalam gim yang cukup menegangkan dan berbagai momen yang membuat jantung deg-degan.

Seperti disebutkan sebelumnya, seri ini menetapkan standar yang baru untuk seri Resident Evil sebelum dan sesudahnya. Mendapatkan sejumlah penghargaan di 2005, Resident Evil 4 menjadi salah satu seri Resident Evil tersukses yang pernah ada.

2 dari 3 halaman

Resident Evil 2

1. Resident Evil 2

Ya, seri pertama Resident Evil memang menetapkan sebuah standar seperti apa sebuah gim survival horor seharusnya dibuat. Meski begitu, Resident Evil 2-lah yang membuka 'jalan' untuk seri-seri selanjutnya.

Tampil dengan grafis yang lebih detil dan kendali yang lebih baik dari seri pertamanya, Resident Evil 2 memberikan kesempatan untuk penggemar setia seri ini untuk tetap memainkan gim ini berulang kali.

Hadirkan berbagai mini-games dan berbagai "scenarios" yang dapat dibuka dan harus diselesaikan. Wajar jika Resident Evil 2 merupakan salah satu seri Resident Evil yang paling sukses dari segi penjualan dan paling populer hingga saat ini.

Saking begitu populernya, beberapa penggemar seri ini berulang kali meminta Capcom untuk membuat ulang seri ini.

(Ysl/Cas)

Artikel Selanjutnya
Review Resident Evil 7: Lebih Mencekam dan Penuh Teka-Teki
Artikel Selanjutnya
Capcom Remake Resident Evil: Code Veronica untuk PS4?