Sukses

Google Assistant Bakal Sambangi Keluarga Smartphone LG

Asisten virtual tersebut rencananya akan hadir perdana pada smartphone baru LG, yakni G6.

Liputan6.com, Seoul - Asisten virtual besutan Google, Google Assistant, saat ini memang masih bertuan pada Google Pixel. Masuk akal, Pixel adalah smartphone eksklusif yang digarap oleh raksasa pencarian tersebut.

Kabar baiknya, Google Assistant rencananya akan singgah ke jajaran smartphone LG. Namun, belum bisa dipastikan kebenarannya.

Sebab sebagaimana dilansir laman Business Korea pada Senin (23/1/2017), perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu masih dalam proses negosiasi untuk memutuskan asisten virtual mana yang akan digunakan pada smartphone-nya.

Tercatat, selain Google, LG juga mendekati Amazon untuk memboyong Alexa ke dalam smartphone. Disebut-sebut, G6 akan menjadi smartphone pertama yang akan mengadopsi asisten virtual ini, setelahnya menyusul seri lain seperti G5 dan V20.

Jika memang benar Google Assistant bakal meluncur ke smartphone LG, berarti bisa saja vendor smartphone lain juga kebagian jatah yang sama. Pasalnya, Google Assistant memang dirancang sebagai asisten virtual untuk Android. Hanya saja, saat ini masih digunakan di Pixel.

Sementara, kemitraan LG dengan Amazon juga menjadi bukti pendukung bahwa Alexa kemungkinan bisa saja digunakan untuk smartphone LG.

Asisten virtual besutan raksasa e-Commerce asal Amerika Serikat (AS) tersebut sempat muncul pada beberapa kulkas pintarnya. Jadi, bisa saja Alexa diadopsi di perangkat lain milik LG.

Dan jika nanti Alexa terpilih menjadi asisten virtual smartphone LG, ini adalah tugasnya yang pertama hadir dalam jajaran smartphone.

Karena sebelumnya Alexa cuma hadir di beberapa perangkat pintar, termasuk speaker buatannya Amazon Echo. Alexa diklaim memiliki kemampuan memutar lagu, menjawab pertanyaan, mengontrol perangkat rumah, bermain gim dengan pengguna, menyetel alarm, dan masih banyak lagi.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini